Berita Nasional Terpercaya

Bahan Primer untuk Mereaksi Sampel Covid19 di DIY Menipis

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID-Merespon keluhan lambatnya proses pemeriksaan sampel dari pasien diduga Covid19 di laboratorium, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) sedang mengupayakan untuk  memperoleh bahan primer tersebut ke pusat. Sebab, saat ini bahan Primer yang dimiliki DIY sudah menipis.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahan Primer menjadi barang yang sangat pokok untuk menentukan tahapan tes Covid19, tapi ketersediaan bahan Primer tetap tergantung pada pasokan dari pusat. ?Saat ini jumlah masih ada, tapi sudah menipis, tinggal untuk beberapa hari kedepan saja,? jelasnya di Kantor Setda DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu 1 April 2020.

Aji menyebut telah melakukan koordinasi mengenai jumlah bahan Primer yang dibutuhkan dan stok yang masih tersedia dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY. “Ketersediaan bahan Primer atau bahan yang digunakan untuk mereaksi sampel milik pasien terhadap paparan Virus Corona menjadi sangat pokok,” katanya.

Untuk itu, Aji berharap Pemerintah Pusat sebaiknya bisa sesegera mungkin menyediakan Primer. “Dengan begitu, proses pemeriksaan bisa berjalan lancar dan tidak mengalami kendala berupa penumpukan sampel yang harus dites,” ucapnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.