Berita Nasional Terpercaya

Ingin Punya Startup Tapi Bingung Mau Bikin Apa? Baca Dulu 5 Tips Ini

0

BERNAS.ID – Saat ini perkembangan bisnis startup cukup pesat, bahkan sudah banyak bermunculan bisnis-bisnis startup yang kreatif yang menarik perhatian konsumen di pasaran. Menjalankan bisnis startup memang membutuhkan ide kreatif dan brilian sebagai modal utama. Karena itu, bagi Anda yang ingin membuka bisnis startup, akan lebih penting untuk mencari ide sekreatif mungkin untuk dijalankan.

Di antara banyak ide startup yang kini Anda miliki, adakah ide kreatif yang hebat bagi Anda hingga layak dijadikan sebuah bisnis yang berpotensi menjadi sebuah bisnis besar dan sukses? Mungkin belum.

Faktanya, musisi besar seperti Mozart dan Beethoven selalu memiliki ide kreatif nan hebat sepanjang hidup mereka. Kita belum tentu bisa seperti mereka, dan oleh karena itu, ketimbang duduk diam menunggu ide bisnis yang lebih kreatif, mari berupaya untuk menghasilkannya. Berikut tips menghasilkan ide bisnis startup yang lebih kreatif yang patut Anda coba.

1. Cobalah Berpikir Seperti Kreator

Seorang kreator tentunya dituntut untuk menghasilkan ide dan karya baru yang mana lebih unik, inovatif, dan berbeda dibandingkan lainnya. Meskipun konsepnya terkadang sempurna, tetap dapat menghasilkan karya-karya yang berbeda dan unik dibandingkan lainnya.

Tak perlu mencoba menjadi kreator, Anda hanya perlu untuk membiasakan diri berpikir seperti halnya yang dilakukan kreator. Pada umumnya, seorang kreator selalu merangkum berbagai ide yang dipikirkannya ke dalam sebuah daftar. Selain itu, seorang kreator juga selalu berpikir untuk dapat menciptakan sesuatu.

Berusaha menciptakan sesuatu yang baru itulah yang memungkinkan untuk membuka pola pikir Anda pada hal-hal yang baru. Dengan begitu, nantinya ide-ide kreatif tersebut dapat muncul dengan sendirinya.

2. Sadar Terhadap Masalah dan Cari Solusinya

Langkah lainnya yang efektif dilakukan untuk bisa menghasilkan ide-ide bisnis yang lebih unik dan kreatif adalah mencoba lebih peka terhadap sebuah masalah dan mencoba mencari solusi untuk menyelesaikannya. Sebuah ide tidak akan lahir jika tidak ada masalah di dalamnya dan solusi untuk menyelesaikannya.

Karena itu, cobalah untuk lebih peka terhadap masalah yang ada di sekitar. Jika Anda data lebih peka pada masalah-masalah yang dialami diri sendiri ataupun orang lain, Anda bisa mencoba untuk mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bila hal tersebut mampu dilakukan, secara tidak langsung Anda bisa menghasilkan ide bisnis yang kreatif. Ubah solusi yang didapatkan tersebut menjadi sebuah bisnis yang nantinya dapat dibangun dan dikembangkan.

3. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Tak jauh berbeda dengan langkah di atas, Anda harus peka terhadap lingkungan sekitar untuk menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif. Pantau lingkungan tempat tinggal Anda; apa yang sangat dibutuhkan orang-orang sekitar namun masih belum tersedia?

Misalnya, jarak sebuah kafe atau rumah makan sangat jauh dari lingkungan tersebut. Anda bisa membangun kafe atau rumah makan untuk dijadikan bisnis.

Dengan kemampuan untuk peka terhadap lingkungan sekitar, Anda nantinya pasti bisa menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif dan mampu meraup keuntungan darinya jika dikembangkan dengan baik.

4. Perbanyak Networking dengan Orang Sukses

Ada sebuah pepatah; ?If you?re the smartest person in the room, then you?re in a wrong room.? Carilah kenalan atau teman dari kalangan orang-orang sukses. Bergaul dengan orang sukses sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian Anda untuk keep up, dalam artian berpacu untuk mampu ?bersaing? dengannya.

Orang sukses memiliki pengalaman berharga yang bisa ia bagikan kepada Anda, yang nantinya bisa membuat Anda terinspirasi  untuk berusaha. Dari pergaulan Anda dengna orang-orang sukses juga Anda bisa mengumpulkan beragam informasi dan pengalaman yang sangat bermanfaat yang bisa Anda konversi menjadi ide bisnis.

5. Selalu Amati Tren Terbaru

Metode lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan rajin mengamati tren-tren terbaru yang terus berkembang. Tren merupakan sesuatu yang selalu dibicarakan oleh kebanyakan orang saat ini dan didasarkan pada fakta-fakta yang ada.

Anda bisa mencoba untuk mengamati tren-tren terbaru dari sisi mana pun. Entah dari sosial, lingkungan, politik, dan lainnya yang mana dapat menjadi inspirasi untuk memulai bisnis yang lebih kreatif.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.