Berita Nasional Terpercaya

Warga dan Kepolisian Bersinergi Bangun Gerbang Desinfektan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) terus berupaya menggandeng warga masyarakat di kampung-kampung DIY untuk bersinergi menjaga situasi tetap kondusif dalam mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya seperti yang dilakukan di Kampung Pilahan Rejowinangun Kotagede Yogyakarta.

Dengan merangkul pemuda kampung tersebut, secara gotong-royong, dapat membuat gerbang disinfektan yang menyemprot secara otomatis setiap kali ada warga masuk ke wilayah kampung. Gerbang disinfektan diletakkan pada salah satu akses jalan masuk warga.

Memanfaatkan sensor gerak dan pompa bertenaga listrik, alat ini akan menyemprotkan cairan disinfektan yang ditempatkan dalam sebuah drum ke sekeliling gerbang. Cairan disinfektan ditempatkan dalam sebuah drum dengan kapasitas sekitar 200 liter.

Salah seorang warga Pilahan, Taufik menjelaskan alasan dibuatnya gerbang disinfektan otomatis ini untuk mengingatkan warga akan bahaya penularan Virus Corona. Selain itu,  gerbang desinfektan otomatis ini, bisa membantu mensterilkan warga dari kuman, bakteri maupun virus. ?Gerbang ini merupakan hasil ide dari teman-teman warga kampung Pilahan. Harapannya adanya gerbang disinfektan otomatis ini bisa mencegah penyebaran Virus Corona, minimal di kampung kami,” katanya beberapa waktu yang lalu.

Untuk satu unit gerbang disinfektan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 2,5 juta. Satu unit perangkat ini berukuran lebar 3 meter dan tinggi 2,5 meter yang dibuat atas kerjasama dengan pihak Polda DIY.

Sedangkan, Polda DIY, AKP Sugeng Haryadi mengapresiasi para pemuda yang membangun gerbang desinfektan otomatis untuk menangkal virus Corona. “Semoga bisa ditiru daerah lainnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, para pemuda warga kampung Pilahan secara simbolis juga menyerahkan jamu empon-empon kepada pihak Polda DIY. Jamu empon-empon ini merupakan hasil kreativitas warga untuk mencegah penularan virus Corona. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.