Berita Nasional Terpercaya

Tiga Alasan Kamu Harus Banget Kuliah

0

Bagi sebagian besar orang, melanjutkan studi ke bangku kuliah adalah sesuatu yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tentu saja sehabis SMA, kita akan melanjutkan studi ke bangku kuliah atau universitas. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang merasa bahwa kuliah bukanlah suatu pilihan yang secara mutlak harus diambil. Mungkin saja karena ingin langsung memulai berbisnis sejak lulus bangku SMA, melanjutkan bisnis yang sebelumnya sudah dijalankan oleh orang tua, ataupun alasan-alasan lainnya, seseorang bisa jadi memutuskan untuk tidak mengambil opsi menuntut ilmu di perguruan tinggi. Keputusan ini cukup disayangkan mengingat banyaknya pelajaran dan pengalaman yang bisa kita dapatkan apabila kita melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Berikut ini adalah tiga dari sekian banyak poin yang menyatakan alasan mengapa kita harus kuliah.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Mendapatkan Skill Baru

Salah satu poin tambahan yang akan kita dapatkan apabila kita memutuskan untuk kuliah adalah kenyataan bahwa kita dapat dipastikan akan mendapatkan skill atau kemampuan baru. Skill ini dapat berbentuk sesuatu yang dekat atau sejalan dengan bidang studi yang kita ambil maupun bidang lainnya. Misalnya saja kemampuan manajemen waktu, kemampuan untuk memimpin, kemampuan komunikasi, dan masih banyak lagi. Skill-skill semacam itu hanya mungkin kita dapatkan di bangku kuliah. Alasannya adalah karena kita akan dapat membangun hubungan dengan orang-orang baru yang akan memberi kita ilmu baru dan juga karena kita akan memiliki akses menuju berbagai komunitas di kampus baik itu organisasi ataupun UKM.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Memperluas Peluang Karir

Sebagian besar pekerjaan di berbagai sektor dan industri mensyaratkan gelar sarjana. Banyak perusahaan yang sudah sepakat bahwa belajar di universitas akan mengembangkan kemampuan analitis seseorang, kemampuan memahami permasalahan kompleks, dan kemampuan mengkomunikasikan berbagai hal dengan lebih baik. Selain itu, kita juga akan mendapatkan modal yang sangat penting apabila kita ingin memulai bisnis kita sendiri. Terlepas dari program studi apa yang kita pelajari di perkuliahan, kita pasti akan mendapatkan ilmu tentang berorganisasi, disiplin, dan masih banyak lagi. Ilmu-ilmu tersebut tentu akan berguna baik itu sebagai modal dalam melamar suatu posisi pekerjaan atau memulai bisnis sendiri.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Melatih Manajemen Waktu dan Finansial

Selama menjalani kehidupan di kampus, kita dituntut untuk dapat menjadi mahasiswa yang mandiri. Baik itu dalam hal mengatur waktu maupun keuangan. Kemampuan untuk menyelesaikan berbagai hal sebelum batas waktu maksimal sudah menjadi suatu kewajiban. Hal yang sama dapat kita katakan soal pengaturan keuangan. Kita dituntut untuk bisa menggunakan uang yang kita miliki dengan sebaik mungkin. Kemampuan untuk mengatur waktu dan keuangan yang kita pelajari pada masa perkuliahan akan sangat membantu kita di masa depan. 

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.