Berita Nasional Terpercaya

Isu Napi Tindak Pidana Korupsi Dibebaskan Karena Covid-19, Ini Jawaban Jokowi

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara soal pembebasan narapidana (napi) terkait pandemi virus corona (Covid-19). Jokowi pun menegaskan pembebasan napi yang disetujui pemerintah adalah bebas bersyarat.

“Pembebasan secara bersyarat ini semata-mata dimaksudkan untuk menghambat atau memutus rantai penyebaran Covid-19 di lembaga-lembaga pemasyarakatan. Tetapi tidak dibebaskan begitu saja, ada syarat, kriteria, dan pengawasannya. Dan ini juga di laksanakan di negara-negara lain seperti Iran dan Brazil,” tulis Jokowi, dikutip Bernas.Id dari Instagram @jokowi, Senin (6/4/2020). 

Meski begitu, pembebasan napi bersyarat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 hanya untuk napi tindak pidana umum. Napi dengan kasus tindak pidana korupsi tidak akan dibebaskan. Menurutnya, dalam rapat terbatas pun tidak pernah dibicarakan sama sekali. Pemerintah sama sekali tidak memiliki wacana merivisi Peraturan Pemerintah No 99 Tahun 2012 mengenai Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, utamanya yang mengatur soal pembebasan narapidana tindak pidana korupsi.

“Bagaimana dengan narapidana tindak pidana korupsi? Jawabannya: tidak. Pembebasan secara bersyarat ini tidak berlaku untuk koruptor. Dibicarakan dalam rapat pun tidak pernah. Sekali lagi, hanya untuk narapidana tindak pidana umum,” tegasnya. 

Presiden juga mengungkapkan bahwa warga binaan lapas di Indonesia memang melebihi kapasitas sehingga berisiko tinggi akan penyebaran virus corona. Karena itulah pemerintah menyetujui pembebasan bersyarat bagi napi tindak pidana umum. 

Unggahan Presiden Jokowi ini pun mendapat beragam komentar dari masyarakat.

“Ada baiknya Menhunkam bapak di genti dehhh. Cb di kroescek bagaimana penyampaian beliau kemaren yg membuat jadi haduhhh,” ungkap oracleyanie123

“Pak kenapa napi dibebaskan dengan dalih mencegah penularan virus corona? Bukannya malah bagus dikarantina di penjara? Atau ditugaskan membuat masker juga lebih baik,” tulis yth.alfiannr

“Presiden mengambil keputusan setelah melalui banyak pertimbangan, kita sebagai warga negara yg baik mendukung kebijakan yg diambil yg tentunya untuk kebaikan bersama,” komentar togobf. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.