Berita Nasional Terpercaya

3 Ide Brillian di Tengah Pandemi Covid-19 yang Harus Kamu Tahu

0

Bernas.id – Tiga ide brilliant di tengah pandemi covid-19? Wow, ini merupakan angin segar di antara kejenuhan yang mulai melanda masyarakat, Indonesia khususnya. Sejak ditetapkan sebagai pandemi, pemerintah telah mengambil langkah-langkah kebijakan guna menekan penyebaran virus yang menyerang organ pernapasan ini. Mulai dari penelusuran orang-orang yang berinterkasi dengan para ODP, PDP, maupun confirm covid-19, hingga menggalakkan kembali gerakan cuci tangan pakai sabun, belajar di rumah untuk seluruh siswa, penggunaan hand sanizater, penyemprotan disinfektan, social distancing, physical distancing, hingga yang terakhir adalah wajib penggunaan masker bagi warga yang ke luar rumah. Berbagai kebijakan ini diharapkan meminimalisir korban terdampak, sehingga wabah ini segera berlalu. Sebagai warga negara yang bijak sepatutnya mematuhi himbauan dari pemerintah ini demi keselamatan diri sendiri, lingkungan sekitar, serta negara tentunya.

Namun, tidak bisa dipungkiri dengan adanya beberapa kebijakan terkait pandemi ini mempunyai dampak tersendiri dalam tatanan masyarakat, khusunya di bidang perekonomian. Salah satu contoh nyata yang dirasakan hampir seluruh lapisan masyarakat adalah semakin menipisnya stok kebutuhan sehari-hari, sementara pemberlakuan himbauan stay at home masih terus berlangsung. Bak buah simalakama, tetap berdiam diri di rumah namun persediaan kebutuhan semakin menipis, atau nekat ke luar rumah untuk memenuhi berbagai kebutuhan dengan risiko terpapar virus covid-19 semakin besar. Dua hal yang sama-sama tidak menguntungkan.

Namun, jika bisa melihat dengan jeli hal ini justru membuka peluang ide brilliant di tengah pandemi covid-19. Berdasarkan pengamatan, para ojol (ojek online) mengalami penurunan draktis dalam mengantar pelanggan, namun tidak dengan permintaan food delivery. Inilah peluang yang bisa diambil. Nah, ada tiga ide brilliant di tengah pandemi covid-19 yang harus kamu tahu, yaitu :

1. Buka Ghost Kitchen

Kebijakan pemerintah untuk stay at home membuat sebagian orang merasa jenuh dengan kegiatan-kegiatan yang monoton selama di rumah. Stok bahan makanan yang tidak begitu banyak pilihan, mau tidak mau mengolahnya dengan berbagai varian menu meski dengan bahan dasar yang sama. Kemampuan bertahan lidah setiap orang tentu berbeda-beda. Bagi sebagian orang yang terbiasa makan di luar tentu merupakan sebuah keadaan yang buruk jika dihadapkan dengan menu-menu berulang setiap harinya. Inilah peluang yang bisa diambil, membuka ghost kitchen. Sebuah usaha yang sedang ngetrend saat ini. Menerima order menu tanpa ribet menyiapkan fasilitas makan di tempat. Apalagi saat ini banyak aplikasi ojol yang support untuk food delivery sehingga bisa saling bersinergi. Ghost kitchen jalan, para ojol pun kebagian cipratan rejeki dengan delivery order.

2. Buka Marketplace Skala Lokal

Seberapa besar kapasitas tampung sebuah lemari pendingin di skala rumah tangga? Cukupkah untuk stok satu bulan? Tentu tidak, paling lama hanya sampai 1-2 minggu ke depan. Stok itu pun untuk bahan-bahan yang tingkat keawetannya tidak lama seperti sayur mayur, bumbu basah, dan aneka lauk pauk. Buka marketplace skala lokal yang menawarkan aneka kebutuhan sehari-hari tentulah sebuah peluang yang sangat menjanjikan. Caranya juga mudah, cukup koordinasikan beberapa pemasok kebutuhan sembako lalu buat rincian nama barang beserta pricelist-nya. Setelah jadi sebar pricelist tersebut ke grup-grup media sosial yang dimiliki diserta nomor narahubung sebagai langkah promosi awal. Tentunya dengan etika yang santun dan baik saat akan promosi. Sangat simple dan menjanjikan, bukan?

Setelah pandemi usai berarti usaha ini selesai dong? Tidak. Seiring berjalannya waktu, kita bisa mempromosikan juga barang-barang di luar kebutuhan sembako sebagai alternatif pilihan. Bukankah kita sudah punya kolamnya? Jadi kita tebar benih apa pun akan tetap menuai hasilnya. Sebuah usaha gotong royong yang sangat menjanjikan tentunya.

3. Buka Kelas Belajar Online

Kalau dua ide brilliant sebelumnya berkaitan dengan kebutuhan produk barang, maka ide brilliant yang ketiga adalah penawaran jasa kelas belajar online. Tak bisa dipungkiri dengan adanya kebijakan belajar di rumah bagi seluruh siswa semua jenjang membuat para orang tua sedikit kewalahan dalam pendampingannya. Nah, di sinilah celah yang bisa dimasuki untuk mengembangkan usaha kelas belajar berbasis daring. Tawarkan solusi dan keuntungan yang diperoleh jika mereka join dan tentu saja jangan lupa bidik pasar yang sesuai.

Baca juga: Kursus Online Bernas Terbaru

Nah, sudah ada gambaran langkah mana yang akan kamu jalankan? Kesempatan tidak akan datang dua kali maka siapa cepat menangkap peluang dan mengeksekusi dengan tepatlah yang akan menjadi sang pemenang. Ingat satu hal dalam berusaha niatkan awal untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi orang lain niscaya cepat atau lambat usaha kita akan bertemu dengan orang-orang yang memang membutuhkan solusi yang kita tawarkan. Keep fighting and be strong

Leave A Reply

Your email address will not be published.