Berita Nasional Terpercaya

Putuskan Rantai Covid-19, Ini Permintaan Sri Sultan HB X Kepada Pemudik

0

BERNAS.ID – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X mengimbau agar para perantau tidak mudik. Hal ini berkaitan dengan adanya virus corona yang tengah mewabah di Indonesia.

Menurutnya, tidak mudik maupun bepergian adalah upaya yang paling tepat dan nyata untuk memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia termasuk DIY. DIY merupakan salah satu daerah tujuan pada pemudik.

?Kepada seluruh warga Daerah Istimewa Yogyakarta yang masih berada di perantauan, untuk tidak mudik atau pulang ke kampung halaman. Tidak bepergian adalah upaya paling rasional dan nyata untuk memutus rantai virus corona,? ungkap Sri Sultan HB X dalam video yang diunggah @humas_jogja di Twitter, Selasa (7/4/2020).

Lebih lanjut, Sri Sultan HB X mengungkapkan bahwa biaya mudik dapat dialihkan untuk memperkuat ketahanan kesehatan dan ekonomi keluarga masing-masing. Sultan HB X mengatakan bahwa bagi perantau dari wilayah endemi yang sudah tiba di DIY maka secara otomatis berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

?Mohon dipahami inilah kebijakan yang harus diterapkan dengan disiplin dan pasti,? tegasnya dikutip Bernas.Id. 

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada perantau yang sudah melaporkan diri ke pihak berwenang setempat. Selanjutnya, pemudik bisa melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Pada kesempatan ini, Sultan HB X juga mengajak untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.