Berita Nasional Terpercaya

Tips Belajar Anti-Bosan ala Thomas Frank

0

Seiring dengan meningkatnya jenjang pendidikan kita, tentunya kita akan berhadapan dengan materi pelajaran yang lebih sulit dari yang sudah pernah kita hadapi sebelumnya. Bahkan, untuk mengerti dan memahami beberapa pelajaran saja sudah terasa sangat sulit. Karena tingkat kesulitan yang semakin tinggi, sering kali kita mudah merasa bosan saat belajar. Kalau kamu termasuk pelajar atau mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar dan mudah merasa bosan, sepertinya kamu perlu berkenalan dengan Thomas Frank. Ia adalah lulusan Iowa State University sekaligus penulis buku ?10 Steps to Earning Awesome Grades (While Studying Less)?. Nah, mengenai cara belajar yang tidak membosankan, ia memiliki tips-tips yang bisa dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Daripada jenuh belajar terus-menerus, lebih baik kita menyimak tips dari Thomas Frank terlebih dahulu. Setelah kamu selesai membaca, pasti proses belajarmu akan jauh dari kata ?bosan?.

Kamu Harus Tertarik

Apakah kamu tahu bahwa manusia ternyata akan merasa jauh lebih senang dalam mempelajari sesuatu apabila mereka sudah memiliki ketertarikan yang mendalam tentang subjek tersebut? Misalnya saja, kamu yang memilih jurusan ekonomi akan lebih tertarik mempelajari Keynesian Economics apabila mengetahui tentang sosok John Maynard Keynes, bukan? Sebelum mulai mempelajari sesuatu, kamu bisa mencoba mencari fakta menarik tentang pelajaran tersebut. Dengan begitu, kamu akan tertarik dengan pelajaran tersebut tanpa paksaan apapun dan rasa bosan pun akan jauh dari proses belajarmu.

Jangan Sendirian

Tips yang ini pasti sudah familiar di telingamu. Belajar dengan teman dapat membuat waktu belajar kita terasa tidak membosankan. Tapi, harus hati-hati juga dalam memilih teman belajar. Jangan sampai kamu memilih teman belajar yang justru akan merusak konsentrasi. Selain itu, jangan memilih teman yang kecepatan belajarnya jauh melebihi kecepatan belajarmu. Tentunya kamu tidak ingin apabila teman belajar tersebut sudah memahami seluruh materi dan siap untuk melanjutkan ke materi selanjutnya sedangkan kamu masih kesulitan.

Mini Rewards

Tentunya kamu tidak boleh lupa untuk menghadiahi diri di tengah sesi belajar. Mungkin kamu bisa membuat kesepakatan tidak tertulis dengan diri sendiri untuk dapat menikmati satu scoop es krim kesukaanmu setiap berhasil menyelesaikan satu bab. Kalau tips yang ini sih, siapa yang tidak setuju?

 

Bagaimana tanggapanmu setelah membaca tips tersebut? Pasti kamu sudah tidak sabar untuk memulai belajar, kan? Ketika merasa stress, jangan lupa untuk beristirahat dan bersantai sejenak. Ingat ya, belajar itu seharusnya dilandasi keingintahuan yang besar. Dengan demikian, pasti belajar tidak akan pernah terasa membosankan. Kalau kita sudah terbiasa menjauhkan rasa bosan dari setiap kegiatan belajar kita, pasti kita akan lebih bersemangat dalam mempelajari ilmu-ilmu baru. Untuk itu semangat menggapai impian, semuanya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.