Berita Nasional Terpercaya

Rahasia Lulus SBMPTN, Pejuang Perguruan Tinggi Harus Tahu

0

Bernas.id ? Pengumuman SNMPTN tahun 2020 sudah berlalu tepatnya pada tanggal 8 April 2020. Bagaimana, nih diterima di pilihan pertama atau kedua? Atau bahkan tidak diterima di mana pun?

Jangan khawatir. Kalau kata sang maestro Bang Haji Rhoma Irama, banyak jalan menuju roma. Artinya banyak alternatif untuk menuju satu tujuan yang sama, masuk perguruan tinggi.

Bagi kalian yang belum lolos jalur SNMPTN, simak rahasia berikut ini. Tips ini memungkinkan kalian untuk masuk Universitas impian melalui jalur SBMPTN.

1. Pahami Konsep, Jangan Dihafalkan.

Pernahkah kalian menjumpai kasus anak pintar yang tidak lulus SBMPTN, tetapi justru anak yang biasa diterima melalui jalur ini. Lantas apa rahasia anak yang peringkat di kelas tidak terlalu tinggi itu bisa lolos SBMPTN?

Predikat anak pintar terutama sekolah di Indonesia, adalah mereka yang memiliki peringkat tinggi di sekolahnya. Padahal seperti yang kita tahu kebanyakan siswa yang akan melaksanakan ujian, baik sekolah maupun nasional, mereka menggunakan cara belajar kebut semalam dan metode menghafal. Cara tersebut tidak salah. Namun, setelah ujian selesai dan hasil keluar teori yang telah dipelajari ikut hilang.

Berbeda dengan mereka yang memahami konsep dengan benar. Mereka akan selalu ingat meski tidak kembali membaca, karena konsep itu sudah tertancap kuat di otak. Bagaimana cara kita melatih memahami konsep? Ya dengan seringnya latihan mengerjakan soal. Dengan mengerjakan soal kita akan membuka teori. Banyaknya frekuensi kita membaca teori, lambat laun akan memahami konsep teori tersebut.

2. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Seperti yang kita tahu, betapa sulitnya masuk perguruan tinggi, apalagi perguruan tinggi dengan passing grade tinggi. Sangat sulit rasanya. Karena saingan kita tidak sebatas teman satu sekolah, melainkan seluruh siswa di Indonesia.

Mengetahui hal tersebut, kita harus keluar zona nyaman. Apa maksudnya?

Mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk kita yang bisa menghambat untuk mencapai tujuan. Atur jadwal kegiatan setiap harinya. Luangkan waktu lebih banyak untuk hal-hal yang berhubungan dengan melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal ini tidak hanya belajar dan mengerjakan soal-soal latihan. Kalian bisa sharing ke teman atau kakak kelas yang sudah dulu menjalani SBMPTN. Gali informasi terkait tes berskala nasional ini. Jika ada hal yang perlu kita ubah dari apa yang biasa kita lakukan,ubahlah selama itu bertujuan untuk memudahkan kita.

3. Fokus

Kenapa kita harus fokus? Jelas untuk mencapai tujuan. Lantas bagaimana caranya kita fokus?

Fokus yang dimaksud di sini adalah fokus masuk SBMPTN. Bisa dimulai sejak 6 bulan terakhir sebelum kelulusan. Maksudnya kita harus menentukan jurusan apa yang akan kita ambil. Boleh memilih lebih dari satu atau dua jurusan. Setelah menetukan pilihan jurusan, dalami bidang tersebut. Pelajari hal-hal yang berhubungan dengan jurusan yang kita pilih. Untuk sementara tinggalkan kegiatan di luar itu, misal mengikuti lomba-lomba. Lomba tidak disarankan untuk siswa di semester terakhir karena bisa mengganggu konsentrasinya.

Jangan membuat ujian nasional sebagai beban. Hingga menghabiskan waktu untuk latihan soal-soal ujian saja. Bagilah waktu untuk soal-soal SBMPTN juga. Seperti yang kita tahu, soal SBMPTN lebih sulit daripada soal ujian nasional. Jadi, persiapkan diri di 6 bulan terakhir untuk memudahkan kita masuk jalur SBMPTN.

 

Bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang perguruan tinggi, klik link berikut http://bernas.info/BeasiswaAKMI Tidak hanya mendapat informasi jurusan perguruan tinggi, kalian bisa mengetahui info beasiswa jua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.