Berita Nasional Terpercaya

Tenaga Medis dan Aparat Keamanan di Jogja Mendapat Bantuan Minyak Kayu Putih Berkualitas

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) membantu kinerja tenaga medis dan aparat keamanan TNI/Polri di Yogyakarta untuk memerangi Covid19. Bantuan itu berupa minyak kayu putih asli (hasil penelitian BBPPBPTH), hand sanitizer, dan masker.

Kepala Balai Besar Biotifor Yogyakarta, Dr Nur Sumedi mengatakan bantuan ini sangat tepat diberikan kepada tenaga medis dan aparat keamanan karena mereka petugas yang terlibat langsung dalam pencegahan dan penanganan wabah Covid-19. “Donasi berupa 16 lusin botol minyak kayu putih asli sebanyak 26,3 liter, handsanitizer sebanyak 240 botol dengan ukuran 70ml dan 19 botol dengan ukuran 500ml, serta 475 masker,” ujarnya, Kamis 16 April 2020.

Untuk rincian sasaran penerima bantuan dari BBPPBPTH, Dr Nur Sumedi menyebut Kepala Puskesmas Pakem, Kepala Puskesmas Ngaglik 2, Kepala Puskesmas Turi, Kepala Klinik Sisma Medika Pulowatu Pakem, Kepala Polsek Pakem, Danramil Pakem, Kepala Polsek Ngaglik, dan Danramil Ngaglik.

Sedangkan, Ir Harry Budisantoso, MP, peneliti BBPPBPTH mengatakan kayu putih Biotifor yang diberikan merupakan kayu putih dari hasil penelitian terbaik karena kandungannya 100% minyak kayu putih dan berkadar 1,8 cineole. “Kayu putih ini berkhasiat untuk berbagai macam pengobatan di antaranya masuk angin, batuk, pilek dan flu,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil Pakem, Suwarno, selaku perwakilan undangan menyampaikan banyak terima kasih kepada BBPPBPTH dan berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat. ?Kami selalu menyampaikan kepada keluarga dan masyarakat untuk selalu melaksanakan maklumat atau SOP yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sehingga dapat meminimalisir atau memutus rantai penularan Covid 19,? ujar Suwarno.

Lebih lanjut, Suwarno menegaskan pencegahan Covid19 ini harus diawali dari kesadaran pribadi masing-masing, sebab tanpa itu, kemungkinan kecil tidak akan segera tuntas. ?Kita selalu berdoa agar wabah ini segera berakhir, sebab kalau ini wabah tidak segera terselesaikan dampaknya tidak hanya pada kesehatan, tetapi akan meluas pada masalah ketahanan pangan, keamanan dan sebagainya,? tutup Danramil berpangkat Kapten ini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.