Terduga Pelaku Pelecehan Seksual Alumnus UII, Sosok Cerdas dan Dipanggil Ustad

Penulis : Paulus Yesaya Jati
Editor : Paulus Yesaya Jati
09 Mei 2020

Ilustrasi (foto: dialeksius)


SLEMAN, BERNAS.ID- Ramai menjadi perbincangan warganet Alumnus Arsitektur UII  tahun 2016 berinisial IM yang diduga menjadi pelaku pelecehan seksual. Seluruh korban pelecehan seks merupakan perempuan yang mayoritas juga alumni UII.

Sejak tanggal 4 Mei 2020, ada tiga puluh aduan korban yang diterima oleh LBH Yogyakarta, baik oleh korban sendiri atau pihak ketiga. Sedangkan, yang melapor ke Aliansi UII Bergerak berjumlah empat orang.

Yang membuat kasus ini viral dan membuat heran masyarakat, sosok IM ini merupakan mahasiswa yang berprestasi, bahkan dianugerahi secara khusus oleh UII pada tahun 2015. Bahkan, dalam postingan akun IG @KataKitaIG, Jumat (8/5), tertulis IM ini menerima beasiswa Australia Awards Scholarships dan IM ini mahasiswa berprestasi, penghapal AI-Quran, motivator di mana-mana, mengisi pengajian di masjid-masjid dan dipanggil ustadz.

Lewat Instagramnya, Aliansi UII Bergerak sendiri mengungkapkan, ada dua tindak pelecehanan seksual IM ke para korbannya. Ada yang diminta melakukan pose-pose tidak senonoh, dan ada yang melalui obrolan-obrolan tidak senonoh.

Ketua Tim Pendampingan Korban dari UII, Syarif Nurhidayat mengatakan sampai hari Jumat kemarin (8/5) sudah ada 11 korban yang mengonfirmasi ke pihaknya. "Yang mengonfirmasi dan kami dampingi sementara ini ada 11 orang," katanya.

Dikutip dari Tirto.id, dalam keterangan tertulisnya, Melia Nurul Fajria, Pendamping hukum para korban dari LBH Yogyakarta merangkum sejumlah kronologi dan modus yang diungkapkan oleh para korban. Misal, terduga pelaku menghubungi korbannya melalui direct message Instagram atau beberapa membalas Instagram story korbannya dengan candaan atau menanyakan soal perkuliahan. Beberapa obrolan juga ada yang melalui WhatsApp, tapi IM kemudian melanjutkan obrolan yang bernada sensual seperti menyinggung soal hal-hal privat dan menjurus ke arah seksual.

Beberapa obrolan yang terlontar seperti pernyataan kepada korban “kamu udah pernah ngesex?" “kamu ngekos? Kosnya bebas ga?", “Eh, bulu tangan kamu lebat ya, itu katanya hasrat seksualnya tinggi kalau punya bulu tangan lebat".

Beberapa korban IM juga ada yang dihubungi melalui telepon dan video call.  Tanpa basa-basi IM bilang meminta korban membuka jilbabnya. IM melalui video call juga menunjukkan alat kelaminnya ke korban dengan disertai kata-kata sensual.

Selain itu ada juga yang tanpa basa-basi saat melakukan video call, IM langsung memperlihatkan alat kelaminnya kepada korbannya. Sementara yang menjurus pada kekerasan seksual fisik ada korban yang mengungkapkan kepada LBH, bahwa ia merasa dijebak oleh IM saat transaksi jual beli buku IELTS dan TOEFL.

Korban membeli buku dari IM dengan metode cash on delivery (COD). Sesampainya di lokasi IM tak membawa buku yang dijanjikan. Ia meminta agar korban mengambil buku secara langsung di kamar kosnya.

"Tiba-tiba IM menutup kamar tersebut, kemudian mencoba untuk memeluk penyintas dari belakang dan sentuhan tersebut membuat penyintas kaget," jelas Melia.

Kekerasan seksual lainnya diungkapkan korban kepada LBH Yogyakarta, korban ada yang mengaku menerima kekerasan seksual secara fisik saat berada di satu forum dengan IM. Pelaku menggesek-gesekkan pahanya ke paha korban saat duduk bersebelahan.

Lalu ada pula kejadian dengan memojokkan badan penyintas ke dinding lalu berusaha menciumnya dengan paksa, dilanjutkan dengan menggesekkan alat kelamin di bagian tubuh korban, bersentuhan dengan kulit langsung hingga terjadi ejakulasi.

Menanggapi viralnya pemberitaan soal tuduhan pelaku pelecehan seksual yang dialamatkan kepadanya, IM menulis pernyataan klarifikasi yang diunggah lewat akun Instagram miliknya.

"Bahkan sebelum pemberitaan menyebar, tidak ada satu pun pihak yang menghubungi saya, meminta klarifikasi, atau tabayyun. Sehingga ketika berita tersebar secara cepat dan masif, saya tidak punya kesempatan untuk membela diri," tulisnya di Instagram.

Ia menambahkan siap menerima konsekuensi dan hukuman setimpal bila memang bersalah. Namun semua tuduhan tersebut harus dibuktikan terlebih dahulu melalui jalur hukum.

"Jika memang ada yang pernah merasa dirugikan, sebagai warga Negara yang memiliki hak konstitusional saya persilahkan untuk menempuh jalur hukum," lanjutnya.

"Hadirkan saya bersama orang yang merasa pernah dirugikan, Kita bisa saling beradu argumen dan klarifikasi dengan cara yang baik 'wajadihum billati hiya ahsan' (bantahlah dengan cara yang cerdas) untuk mengetahui siapa yang benar dan siapa yang salah. Saya siap menerima konsekuensi apapun, baik benar maupun salah dengan pembuktian hukum yang sah," pungkas Ibrahim Malik.

Tak mau berlama-lama, pihak UII Yogyakarta pun segera mengeluarkan sikap terkait adanya alumninya yang diduga melakukan tindakan pelecehan seksual. Tulis rilis pernyataan sikap tersebut dalam web resmi kampus tertanggal 2 Mei 2020 di www.uii.ac.id, yaitu:

Setelah mencermati perkembangan mutakhir terkait dengan adanya tuduhan tindak pelecehan dan kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh IM dan beragam informasi yang beredar, Universitas Islam Indonesia (UII) menjelaskan beberapa hal sebagai berikut:

1. Bahwa UII senantiasa berkomitmen menciptakan rasa aman bagi seluruh sivitas yang diwujudkan melalui tindakan saling menghormati. Tindakan pelecehan atau kekerasan seksual dalam bentuk apapun tidak dapat diterima dan tergolong dalam pelanggaran berat, sesuai dengan peraturan disiplin yang berlaku di UII. UII menjamin bahwa setiap pelecehan seksual yang dilaporkan akan ditanggapi dengan serius, dilakukan penyelidikan secara menyeluruh, untuk memperoleh bukti hingga dapat ditemukannya arah kebenaran terhadap kasus yang dilaporkan. UII berkomitmen untuk memberikan empati, dukungan, dan perlindungan kepada korban atau penyintas.

2. Bahwa sejak 2016, IM telah berstatus sebagai alumnus yang tidak dapat bertindak mewakili atau mengatasnamakan UII. Meskipun demikian, UII mendorong IM untuk dapat menunjukkan iktikad baik dengan bersikap kooperatif, melakukan klarifikasi secara jujur, agar diperoleh kejelasan tentang kebenaran atas tuduhan yang ditujukan kepadanya, sehingga masalah ini dapat diselesaikan oleh para pihak dengan sebaik-baiknya, dan apabila ditemukan kesalahan dapat dikenakan pertanggungjawaban sebagaimana mestinya.

3. Bahwa UII menyesalkan adanya keterbatasan informasi yang diterima, sehingga IM masih hadir di beberapa forum yang diselenggarakan di lingkungan UII setelah 2018. UII menyampaikan keprihatinan dengan tulus atas kejadian yang menimpa para korban atau penyintas. Agar tuduhan mengenai tindak pelecehan dan atau kekerasan seksual yang diduga dilakukan IM dapat ditangani dan diselesaikan dengan baik oleh UII, untuk itu UII mendorong para pihak yang mengetahui, menduga, maupun mengalami tindakan pelecehan dan atau kekerasan seksual dari IM untuk melakukan pengaduan kasus dan atau memberikan bukti-bukti atau jika bersedia menjadi saksi mengenai kasus IM melalui laman resmi Bidang Etika dan Hukum UII di beh.uii.ac.id.

4. Bahwa UII menganggap serius kasus ini dan menindaklanjuti dengan membentuk tim pencari fakta dan tim untuk mendampingi korban atau penyintas secara psikologis apabila diperlukan serta menunjuk LKBH Fakultas Hukum UII untuk memfasilitasi korban atau penyintas yang berkeinginan untuk menempuh jalur hukum dalam rangka memperjuangkan dan melindungi hak-hak hukumnya. UII juga mendukung upaya penyintas yang telah melakukan aduan melalui LBH Yogyakarta. UII, melalui LKBH Fakultas Hukum UII, telah berkomunikasi dengan LBH Yogyakarta terkait kasus ini.

5. Bahwa dengan tetap menghormati proses hukum yang sedang berjalan, sampai diperolehnya kepastian tentang kebenaran kasus tuduhan pelecehan dan atau kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh IM, UII secara institusional tidak akan melibatkan IM dalam acara di seluruh unit di UII. Untuk itu diharapkan kepada organisasi kemahasiswaan di lingkungan UII juga melakukan hal yang sama.

6. Bahwa UII akan mencabut gelar mahasiswa berprestasi yang diberikan kepada IM pada 2015, setelah mempelajari keterangan yang diberikan oleh korban atau penyintas.

7. Bahwa UII adalah institusi independen yang dalam membuat kebijakan dan keputusan tidak bisa diintervensi dan diatur oleh pihak lain, namun demikian UII sangat terbuka untuk menerima masukan, baik kritik maupun saran.

8. Bahwa UII mendukung penuh segala proses hukum demi menegakkan keadilan. Untuk itu kepada semua pihak dituntut untuk bersikap jujur dan menjauhkan diri dari perbuatan fitnah yang justru dapat menjauhkan dari kebenaran. Semoga Allah Swt. membimbing kita semua untuk selalu berada di jalan yang benar dan diridai. (jat)


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Nasional

Ketua MPR: Jadikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk Terus Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

JAKARTA, BERNAS.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang selalu diperingati setiap 1 Oktober, sesuai Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967, tak boleh sekadar menjadi upacara yang bersifa ...

Pendidikan

SMK Negeri di DIY Diorong Jadi BULD

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada siswa dan masyarakat, Pemda DIY mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri di DIY untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BULD). Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji ...

Kesehatan

Restoran di Kota Jogja Sudah Terverifikasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Usaha untuk memastikan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Corona terus dilakukan di Kota Jogja. Salah satunya dengan melakukan verifikasi kesehatan di restoran  anggota PHRI, yang su ...

Hukum dan Kriminal

Polisi Geledah Rumah Terduga Teroris Asal Sragen di Berbah

SLEMAN, BERNAS.ID - Densus 88 melakukan penggeledahan rumah terduga teroris atas nama BY (32), warga Mojopuro Sumberlawan Sragen, Jateng. Sebelumnya, BY ditangkap Densus sore hari kemarin, Rabu (30/9/2020) di depan RSU Dharma, Sendangtirto, ...

DIY

Pekerja GQ Hotel Tinggal Menunggu Angka Pesangon yang Ditawarkan Pengusaha

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 55 pekerja PT Griya Asri Hidup Abadi (Hotel Grand Quality Yogyakarta) kembali mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sleman untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai pekerja sesuai Undang-undang Ketenagakerja ...

Sintesa

Cerita Indah dari Desa Pemantap Posisi Pendidikan sebagai Solusi

Oleh:  Adil Basuki Ahza dan Sudjarwadi Cerita ini sembilan puluh lima persen dari copy tulisan di WA japri. Pengirim WA adalah pak Adil yang hidupnya dijalani sebagai dosen IPB Bogor. Ceritanya berikut ini. Cerita kakek Situtena ...

Hukum dan Kriminal

Ratusan Handphone Warga Binaan Lapas Pakem Dimusnahkan

SLEMAN, BERNAS.ID - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Yogyakarta memusnahkan barang sitaan berupa 215 handphone berbagai merek dan barang lainnya dari Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Rabu sore (30/9/2020). Barang sitaan d ...

Kesehatan

Karyawan Dapur Positif Covid-19, Warung Mie di Kotabaru Ditutup

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kasus Covid-19 di bidang usaha kuliner kembali muncul di Kota Jogja. Setelah sebelumnya khalayak diramaikan dengan Klaster Soto Lamongan, kini kasus Covid-19 muncul di satu warung mie kekinian di kawasan Kotabaru, Go ...

Hukum dan Kriminal

Edarkan Upal, Warga Bantul Ditangkap Pemilik Toko

SLEMAN, BERNAS.ID - Warga Banguntapan Bantul berinisial TSJ (30) harus berurusan dengan pihak kepolisian gara-gara kepergok mengedarkan uang palsu (upal) di sebuah toko di kawasan Gejayan Sleman, Selasa malam (22/9/2020). Ia ditangkap setel ...

Inspirasi

New Entrepreneur, Berbagai Jalan Pilihan Kewirausahaan

Euforia kewirausahaan yang menurut pengamatan saya dimulai awal 2000an dan memuncak antara 2005 - 2007 telah menghasilkan gelombang tsunami kewirausahaan yang masuk sampai kampus, sekolah, ibu rumah tangga, karyawan, bahkan juga PNS. Menjad ...

Pendidikan

1300 Anak di Sleman Putus Sekolah dan Tidak Bersekolah

SLEMAN, BERNAS.ID - Sekitar 1300-an anak dari berbagai jenjang sekolah (SD-SMA/SMK) di Sleman ditemukan tidak sekolah dan putus sekolah. Data tersebut dikeluarkan oleh satuan tugas (satgas) pendataan dan penanganan anak usia sekolah yang pu ...

Kesehatan

Tangkal Covid-19, Dilakukan Penempelan Stiker ke Pengunjung Pasar

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Disperindag Kota Yogyakarta telah melaksanakan upaya penempelan stiker kepada pengunjung pasar, dimulai di Pasar Beringharjo. Ini untuk menandai bahwa pengunjung sudah melalui pengecekan suhu tubuh. Kepala Bi ...

DIY

Terdampak Tol, Warga Sanggrahan Ingin Bangun Rumah di Sawahnya

SLEMAN, BERNAS.ID - Suryana (63) berencana membangun rumah barunya di lahan sawah miliknya, dikarena rumahnya di RT 04 Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Sleman akan terdampak jalan tol. Ia beralasan karena tidak ingin berpisah jauh dengan tetang ...

DIY

Revitalisasi Drainase Jalan Kemasan Kotagede Dilengkapi 100 Sumur Resapan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta kini tengah menyelesaikan proyek revitalisasi saluran drainase di Jalan Kemasan Kotagede. Drainase akan dilengkapi dengan 100 unit sumur peresapan air hujan sebagai upaya konservasi air sehingg ...

Editorial

Hari Kereta Api dan Lokomotif Pemulihan

Oleh : Cahyadi Joko Sukmono, Pemimpin Redaksi Harian Bernas Hari ini, 28 Oktober, adalah Hari Kereta Api.  Tanggal ditetapkan berdasarkan peristiwa bersejarah tahun 1945 setelah proklamasi kemerdekaan saat direbutnya Kantor Pusat ...

UMKM

Anggota DPR RI Minta UMKM Dibebaskan dari Tarif Sertifikasi Halal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf meminta pemerintah untuk membebaskan UMKM dari pengenaan tarif sertifikasi halal terhadap produk yang mereka ajukan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Menurutn ...

Nasional

Viral Konten AR pada Uang Rp 75.000, Begini Tanggapan BI

JAKARTA, BERNAS.ID - Beredar melalui media sosial dan kini menjadi viral tentang uang pecahan Rp 75.000 yang memiliki konten augmented reality atau AR. Dengan menggunakan aplikasi tertentu melalui handphone, pada mode pengambilan video atau ...

Pilkada

Pilkada di Masa Pandemi, Sri Muslimatun Komitmen Lindungi Masyarakat

SLEMAN, BERNAS.ID - Pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan kampanye yang melibatkan massa. Agenda-agenda kampanye yang melibatkan kerumunan massa secara tegas dilarang oleh PKPU Nomor 13 Tahun 2020 dan Maklumat Ka ...

Kesehatan

Operasi Gabungan untuk Disiplinkan Masyarakat Jogja Terhadap Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, maupun Satpol-PP dan Dishub Kota Yogyakarta melaksanakan patroli di sejumlah titik yakni Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton). Operasi yustisi dilakukan terkait d ...

Ekonomi

Upaya Terkini Tingkatkan Literasi Digital Pedagang Pasar Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi digital pedagang pasar rakyat di Kota Yogyakarta, sejumlah relawan dari Beringharjo.co.id menginisiasi Semar School. Ini untuk meningkatkan literasi pedagang terhadap dunia ...

Hukum dan Kriminal

Merasa Dicemarkan, Alumni Gugat UII Yogyakarta

BANTUL, BERNAS.ID - IM, alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang diduga sejumlah pihak melakukan pelecehan seksual menggugat UII Yogyakarta terkait pencabutan Surat Keputusan (SK) mahasiswa berprestasi guna membersihkan nama ...

Analisa Pilkada

Bawaslu Menduga Ada Pelanggaran saat Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengeluarkan sikap terkait adanya kegiatan massa pendukung di luar Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Sleman saat berlangsungnya Pleno Pengundian Nomor Urut Pasangan C ...

DIY

Edukasi Protokol Kesehatan Digencarkan Hingga Tingkat KampungĀ 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu aspek paling penting selama pandemi Covid-19. Karena itu, Pemkot Yogyakarta, melalui Satpol PP Kota Yogyakarta dan tim gabungan pun gencar melakukan operasi protok ...

Kesehatan

Pemkot Yogyakarta Rencanakan Shelter Khusus Tenaga Kesehatan

YOGYAKART, BERNAS.ID - Sempat ditutupnya empat Puskesmas di Kota Yogyakarta dan terpaparnya beberapa tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit membuat keberadaan shelter bagi nakes dipertimbangkan kembali. Jajak pendapat pun dilakukan untuk m ...

Olahraga

Laga Perdana Liga 1, Tim PSS Jalani Tes Usap

SLEMAN, BERNAS.ID - Laga perdana Liga 1 2020 akan segera digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis 1 Oktober 2020. Laga pertama mempertemukan PSS Sleman melawan Persik Kediri yang akan dimulai pukul 18.30 WIB. Untuk itu, seluruh pemai ...

Inovasi

Tak Sampai 2 Menit, GeNose Bisa Endus Covid-19

JAKARTA, BERNAS.ID - Menristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro mengapresiasi alat deteksi Covid-19 lewat hembusan napas yang dikembangkan oleh tim peneliti UGM. Dia mengatakan pihaknya siap untuk mendukung uji klinis lanjutan GeNose. “R ...

Analisa Pilkada

KPU Diminta Jamin Pelaksanaan Disiplin Protokol Kesehatan dalam Pilkada 2020

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto meminta agar upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 benar-benar dijalankan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kesempatan, termasuk berkaitan dengan ...

Daerah

Masyarakat Antusias Menjajal Tol Pekanbaru-Dumai, Sebabkan Antrian Panjang di Pintu Tol

PEKANBARU, BERNAS.ID - Pasca diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat kemarin (25/9/2020),Tol Pekanbaru-Dumai (Tol Permai), secara resmi sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat hari ini mulai pukul  06.0 ...

Olahraga

Gol Bunuh Diri Membuat Timnas U-19 Indonesia Kalah dari Bosnia-Herzegovina

KROASIA, BERNAS.ID - Sebuah gol bunuh diri, membuat Tim Nasional U-19 Indonesia kalah dari Bosnia Herzegovina dalam pertandingan ujicoba di Kroasia Jumat malam (25/9/2020) waktu Indonesia. Gol bunuh diri tersebut dilakukan oleh bek tenga ...

Pendidikan

Siswa Diminta Lapor Kalau Belum Terima Kuota Internet untuk Belajar

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Saat ini sejumlah siswa dan guru di Kota Yogyakarta sudah mulai menerima bantuan subsidi kuota data internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada penerimaan tahap pertama untuk September. Dinas Pendid ...

Budaya

Foto Liputan Covid-19 Karya PFI Jogja Hadir di FKY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Puluhan foto karya fotografer dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) menjadi bagian dari pameran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020. Karya foto bertema ‘Covid-19 Dalam Lensa Jurnalis’ terpaja ...

DIY

Puluhan Pekerja Hotel Adukan Nasibnya di Disnaker Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Sebanyak 55 pekerja PT Griya Asri Hidup Abadi (Hotel Grand Quality Yogyakarta) mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sleman untuk mendapatkan kembali hak-haknya sebagai pekerja sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan. ...

Inspirasi

Falsafah Hidup Prof. Soedjarwadi (Mantan Rektor UGM)

Setiap manusia mempunyai prinsip atau falsafah hidup sendiri-sendiri, termasuk mereka yang sudah terbilang sukses dalam menjalani kehidupan ini.  Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. adalah mantan Rektor Universitas Gadjah Mada perio ...

Nasional

Wiku Sebut Peningkatan Kasus Positif Baru Akibat Kegiatan Calon Kepala Daerah

JAKARTA, BERNAS.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan penambahan kasus positif baru Covid-19 terus mengalami peningkatan. Pada Kamis (24/9/2020) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.634 da ...

Lifestyle

Jalur Gowes Susur Kampung Kota Jogja Diluncurkan, Ada 5 Rute yang Bisa Ditempuh

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemkot Yogyakarta melakukan soft launching Jalur Sepeda Gowes Susur Kampung Kota Yogyakarta, Jumat (25/9/2020) di kawasan Bendung Lepen Kotagede. Ini disertai dengan launching aplikasinya di Jogja Smart Service (JSS) ...

DIY

60 Pabrik di DIY Berisiko Tinggi Sebarkan Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 60 pabrik di DIY dinilai berisiko tinggi untuk penyebaran Covid-19. Untuk mengantisipasi terjadinya penularan, Pemda DIY terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan dan penggunaan Jogja Pass sebagai a ...

Kesehatan

35 Persen Wilayah Sleman Masuk Zona Merah Covid-19

SLEMAN, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menerbitkan peta epidemiologi COVID-19 per wilayah Kapanewonan (Kecamatan-red) se-Kabupaten Sleman per tanggal 20 September 2020. Peta epidemiologi COVID-19 ini memberikan gambaran si ...

DIY

Pol PP Kembali Perketat Pengawasan Tempat Kumpul Anak Muda

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Polisi Pamong Praja DIY kembali memperketat pengawasan tempat kumpul anak muda seperti kedai kopi dan tempat hiburan. Ini dalam upaya mencegah penularan COVID-19. "Karena terus terang dari laporan Dina ...

Pilkada

Hari Ini, KPU Sleman Mengundi Nomor Urut Bapaslon Pilkada Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan pengundian nomor urut pasangan bakal calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati di Gedung Serbaguna Sleman pada hari Kamis (24/9/2020). Nomor urut pasangan diambil ole ...

Analisa Pilkada

25 Calon Kepala Daerah ini Dipastikan Akan Melawan Kotak Kosong dalam Pilkada 2020

BERNAS.ID - Pilkada tahun 2020 ini memang mengundang banyak polemik. Setelah pro kontra mengenai penundaan penyelenggaraan pilkada karena situasi dan ancaman pandemi, sekarang muncul lagi fenomena politik yang cukup unik.  Taha ...

Politik

PB MDHW: Lanjutkan Pilkada 2020 dengan Protokol Kesehatan Ketat

JAKARTA BERNAS.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan tidak akan menunda Pilkada 2020 meski muncul banyak masukan penundaan. Jokowi mengambil keputusan ini setelah mendengarkan dan mempertimbangkan masukan dari berbagai u ...

Analisa Pilkada

Pilkada 2020 Meyakinkan Pemilih Lewat E-Demokrasi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah 2020, menjadikan pesta demokrasi kali ini menjadi lebih spesial. Selain dilaksanakan dalam situasi pandemi yang menuntut pemerintah bekerja keras menyesuaikan berbagai r ...

Sintesa

Cerita Menuju Pengembangan Budaya Bahari bagi Anak-anak Pesisir

Oleh:  Profesor Sudjarwadi Suatu pagi Yatica masuk rumahnya dari halaman depan sambil menenteng sesuatu. Situtena, suaminya, mengira Yatica membawa makanan tetapi ternyata bukan makanan. “Yang, ini ada kiriman buku dar ...

DIY

ASN DIY Positif Covid-19 Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Seorang ASN (Aparat Sipil Negara) Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meninggal dunia setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Almarhum (50) yang berjenis kelamin laki-laki meninggal pada hari Rabu (23/09), pukul 9.57 ...

Pilkada

Petahana Bantul Bakal Bertarung di Pilkada

BANTUL, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul hari ini, Rabu (23/9/2020) telah menetapkan 2 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak lanjutan pada 9 Desember 20 ...

Olahraga

Meski Covid-19 Terus Menyebar, Lanjutan Liga 1 di DIY Jalan Terus

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Walau penambahan kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi khususnya dalam beberapa minggu terakhir, DIY akan tetap menjadi homebase sejumlah klub dalam lanjutan Liga 1 yang akan dimulai pada 1 Oktober mendatang ...

Analisa Pilkada

KPU Sleman: Tiga Paslon Lolos Seleksi Administrasi

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman secara resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Sleman untuk maju di Pilkada 2020. Penetapan diputuskan setelah melakukan rapat pleno tertutup. ...

Pariwisata

25 Usaha Jasa Pariwisata Jogja Terverifikasi Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 25 dari total 57 usaha jasa pariwisata di Kota Yogyakarta telah memperoleh surat keterangan terverifikasi protokol kesehatan dari pemerintah daerah setempat hingga pekan ketiga September, yang terdiri dari 2 ...

Olahraga

Tiga Pemain PSS Dipanggil ke Timnas U-16

SLEMAN, BERNAS.ID - Tiga orang pemain muda PSS Sleman dipanggil untuk mengikuti pemusatan pelatihan Timnas Indonesia U-16. Ketiganya adalah Raka Octa yang berposisi penjaga gawang, Iput Nurhasan yang berposisi sebagai stopper, dan Fahmi Alv ...

DIY

Sultan: Pilkada Jangan Sampai Jadi Klaster Baru

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Meski menuai kontroversi, Pemerintah Pusat tetap memutuskan untuk melanjutkan Pilkada pada pada 9 Desember mendatang. Merespons hal ini, Pemda DIY menyerahkan pelaksanaan pilkada pada KPU dan berpesan agar janga ...