Berita Nasional Terpercaya

10 Keuntungan Bisnis Karena Internet Marketing

0

 

Bernas.id ? Zaman sekarang orang sudah sangat akrab dengan teknologi, seperti smartphone, tablet, komputer, dan laptop. Segala aktivitas manusia tidak bisa lepas dari teknologi tersebut. Teknologi itu semakin memudahkan dengan adanya internet. Teknologi dan internet memang dua hal yang mengubah hidup manusia, tidak hanya soal gaya hidup tapi juga dalam hal bisnis.

Mudahnya orang mendapatkan berbagai informasi melalui internet membuat kemudian internet dimanfaatkan untuk mempromosikan dan memasarkan barang dagangan atau bisnis seseorang. Istilahnya kemudian disebut dengan internet marketing.

Internet marketing adalah kegiatan pemasaran produk maupun jasa secara online melalui internet. Kemudian, internet marketing tidak hanya soal penjualan tapi juga soal promosi, branding, dan membangun hubungan dengan konsumen yang dilakukan secara online.

Manusia semakin merasakan manfaat internet marketing untuk bisnis mereka. Berikut ini adalah 10 keuntungan bisnis yang bisa didapatkan dengan menggunakan internet marketing.

1. Lebih Mudah

Kegiatan pemasaran melalui internet lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan pemasaran melalui media cetak atau elektronik. Jika pemasaran di media cetak dan elektronik membutuhkan orang lain atau pihak ketiga untuk mengerjakannya, dengan internet kamu bisa melakukannya sendiri. Selain itu, kamu bisa mengontrol kegiatan pemasaran itu kapan saja dan di mana saja tanpa bergantung pada orang lain.

2. Hemat Biaya

Kamu pasti tahu bahwa biaya untuk memasang iklan di koran, televisi, dan radio sangat mahal. Belum lagi, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti produksi iklan sebelum bisa tayang di media-media tersebut.

Dengan internet marketing, kamu cukup bermodal alamat e-mail, jaringan internet, dan komputer, sudah bisa mulai melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis kamu. Berbagai cara bisa kamu lakukan, seperti membuat akun jejaring sosial dan blog secara gratis sebagai sarana bisnis. Biaya pemasangan iklan online berbayar juga cenderung lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget kamu.

3. Lebih Banyak Pilihan

Kamu bisa lebih kreatif dalam melaksanakan kegiatan pemasaran karena terdapat banyak pilihan dalam pemasaran online. Kamu bisa menggunakan audio, gambar, video, dan tulisan. Selain itu, kamu bisa menerapkan strategi social media marketing, Search Engine Optimization (SEO) marketing, e-mail marketing, afiliasi marketing, dan lain-lain.

4. Lebih Tepat Sasaran

Promosi yang efektif tentu adalah promosi yang tepat sasaran. Sebelum mulai melakukan strategi internet marketing, kamu bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Data demografis itu antara lain, jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen. Kamu pun bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, tapi tepat sasaran.

5. Hasil Lebih Real-Time

Dengan menggunakan internet marketing kamu bisa memantau iklan kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri kinerjanya. Kamu pun dapat melihat hasilnya secara real-time dengan menggunakan analisis online untuk mengetahui apakah kampanye internet marketing kamu telah berhasil atau tidak.

6. Bisa Segera Diubah

Kelebihan dari pemasangan iklan di internet adalah kamu bisa segera melakukan perubahan dan perbaikan secara cepat saat menemukan kesalahan dalam iklan. Jika iklan tidak menimbulkan dampak yang baik pun kamu bisa segera mengubah konsepnya dan mengunggahnya kembali di internet. Kesalahan-kesalahan penulisan, gambar, atau grafis pun bisa kamu lakukan dengan cepat. Hal ini tidak bisa dilakukan jika kamu memasang iklan di media massa.

7. Lebih Cepat Tampak Hasilnya

Saat kamu melaukan pemasaran produk dengan internet, kamu bisa menghasilkan penjualan dalam waktu yang singkat. Penjualan terjadi seketika hanya dengan beberapa kali klik saja. Prosesnya tidak memakan waktu lama karena transaksi terjadi secara online dan mudah dilakukan. Detik itu kamu iklan bisa detik selanjutnya sudah terjadi transaksi pembelian.

8. Meningkatkan Keuntungan

Semakin hari, pengguna internet makin bertambah bahkan yang sudah menggunakan internet sejak dulu pun semakin betah berlama-lama online. Pengguna internet yang begitu banyak dan tersebar luas berarti bahwa jangkauan pasar kamu semakin luas dan tak terbatas. Oleh karena itu, jika kamuingin memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan semaksimal mungkin, kamu bisa memanfaatkan internet marketing mulai dari sekarang.

9. Memudahkan Pengelolaan

Sudah jelas internet marketing memudahkan kamu untuk mengelola bisnis online kamu. Jika kamu menggunakan website, kamu bisa menampilkan produk secara online, mengecek stok barang, dan menjualnya berdasarkan pesanan. Kamu pun tidak butuh banyak karyawan, bahkan Anda bisa mengelolanya sendiri.

10. Membantu Riset Pasar  

Internet marketing membantu kamu mengetahui siapa saja pembeli produkmu, berapa orang yang hanya sekedar melihat-lihat, dan berapa banyak yang tertarik. Kesemuanya itu bisa kamu ketahui secara online lewat website.  Kamu bisa melacak jumlah pengunjung dan asal pengunjung website, mengetahui sumber lalu lintas website kamu, mengetahui kata kunci yang banyak dicari, dan lain-lain. Data tersebut akan membantumu untuk melakukan riset pasar dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Setelah tahu bahwa belajar internet sangat berguna untuk bisnismu, lalu tunggu apa lagi? Kamu bisa dilatih langsung oleh ahlinya untuk mengupgrade kemampua digital marketing kamu. Klik saja https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn).

Leave A Reply

Your email address will not be published.