Berita Nasional Terpercaya

6 Cara Aman Jadi Mahasiswa Baru yang Mudah Bergaul

0

Bernas.id – Menjadi mahasiswa baru tentu kamu merasa senang sekaligus cemas. Senang karena kamu kamu bisa kuliah di kampus impina namun juga cemas apakah kamu akan bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus nanti.

Namun jangan cemas berlebihan, berikut ini ada 6 tips agar kamu bisa menjadi mahasiswa baru yang mudah bergaul.

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Jika kamu kuliah di luar kota berarti kamu akan menjadi anak rantau. Sebelum tiba di kota tempatmu menuntut ilmu sebaiknya kenali kota tersebut sebagai bekal untuk menyesuaikan diri.

Sebelum kamu berangkat, usahakan telah mendapatkan bekal pengetahuan umum. Contohnya adalah bahasa apa yang banyak digunakan. Tempat-tempat hits apa yang sering anak mudanya kunjungi. Makanan apa yang lagi populer serta isu terkini dan berbagai hal unik lain.

Jika sekedar tempat gaul mungkin kamu akan lebih mudah untuk mencari tahu. Yang lebih penting adalah kamu pelajari tentang budaya, kebiasaan, dan adab yang dianut oleh kota tujuanmu. Hal ini penting agar kamu terhindar dari bersikap tidak sopan meskipun kamu tidak sengaja melakukannya.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

2. Ikuti Agenda Orientasi Mahasiswa

Masa orientasi mahasiswa baru atau dikenal dengan istilah ospek menjadi hal yang dinanti sekaligus ditakuti oleh mahasiswa baru. Ospek memang biasanya identik dengan tugas yang banyak, disiplin, dan harus taat pada kakak senior. Meskipun demikian, usahakan kamu mengikuti ospek yang diselenggarakan secara resmi oleh kampus.

Banyak manfaat yang kamu peroleh dari kegiatan ospek, seperti cepat mendapatkan teman baru yang senasib sepenanggungan. Biasanya kalian akan saling bekerja sama mengerjakan tugas bersama-sama. Selain itu, ospek juga membuatmu bisa mengenal kakak-kakak senior. mereka tampaknya galak saat ospek tapi setelah itu kebanyakan panitia ospek itu akan menjadi kakak angkatan yang banyak membantumu.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

3. Cerdas Memilih Teman

Kamu memang sebaiknya bisa berteman dengan siapa saja dan tidak memilih-milih teman. Yang patut kamu ingat adalah kamu harus cerdasa menyikapi setiap pengaruh yang mungkin dibawa oleh teman-temanmu.

Terlebih jika kamu anak rantau yang tidak ada orangtua untuk mengawasi langsung, kamu ahrus lebih pandai menjaga diri. Jangan mudah percaya dengan ajakan-ajakan yang menggiurkan tapi mungkin menjerumuskan. Sebagai awal, kamu bisa mencari teman yang memiliki minat dan hobi yang sama, misalnya kamu masuk ke himpunan mahasiswa atau unit kegiatan mahasiswa.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

4. Bersikap Baik kepada Siapapun

Menjaga diri dari pengaruh buruk teman itu harus namun bersikap baik terhadap siap pun juga tidak boleh dilupakan. Dengan menjadi orang baik maka orang akan mengingatmu karena hal-hal baik. Jika suatu saat kamu menemui kesulitan dan butuh bantuan, orang pun tidaks egan menolongmu karena kamu pun tidak pernah bersikap buruk pada mereka.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

5. Aktif Mencari Informasi tentang Matakuliah

Jika di SMA kamu terbiasa menerima pelajaran sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh sekolah, agak sedikit berbeda dengan kehidupan di kampus. Ada baiknya kamu aktif mencari tahu tentang mata kuliah yang akan kamu tempuh setiap semester. Dosen biasanya akan menuntut mahasiswa untuk belajar secara mandiri tidak melulu dibimbing seperti saat SMA.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

6. Berpakaian Pantas dan Sopan

Menjadi mahasiswa tidak lagi memakai seragam sekolah. Kamu bebas menggunakan baju sesuai dengan kepibadian dan gaya yang kamu suka. Selalu berpakaianlah yang rapi dan sopan karena kampus adalah instansi pendidikan yang harus kamu hormati.

Dengan berpakaian sopan dan rapi kamu tidak hanya menghormati dosen namun juga menghormati dirimu sendiri.

Itulah 6 tips agar kamu aman menjadi mahasiswa baru yang mudah bergaul. Sudah menentukan kampus pilihan untuk kamu kuliah? Saat ini telah hadir kampus baru yakni Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA Mahakarya Asia. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA Mahakarya dan ambil bagian dari kesuksesan yang luar biasa ini. Let’s join us! UNMAHA Mahakarya Asia, Kampus Pencetak Pengusaha pertama dan satu-satunya di Indonesia.(sn)

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.