Berita Nasional Terpercaya

Inilah Rincian Biaya Kuliah yang Harus Kamu Persiapkan Sampai Lulus

0

Bernas.id – Selama ini kamu mungkin sering mendengar bahwa kuliah itu biayanya mahal. Masuk kuliah tidak jauh berbeda dengan masuk sekolah, ada biaya pendaftaran, uang gedung, uang SPP, dan biaya-biaya lainnya. Besaran biaya-biaya tadi berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Jurusan yang berbeda pun menyebabkan biaya yang dikleuarkan juga berbeda.

Sebagai persiapan dan perencanaan, ada baiknya kamu mengetahui rincian biaya kuliah yang harus kamu keluarkan dari mulai masuk sampai lulus.

1. Uang Gedung atau Uang Pangkal

Uang gedung atau uang pangkal biasanya dibutuhkan untuk kamu yang masuk kampus swasta. Uang gedung diperlukan karena kampus swasta berbeda dengan kampus negeri yang mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga uang gedung tidak dibebankan kepada mahasiswa.

Besaran uang gedung atau uang pangkal tergantung masing-masing kampus dan jurusan yang diambil. Biayanya bisa dari belasan juta hingga ratusan juta rupiah. Uang gedung itu hanya dibayar satu kali saja sampai kamu lulus. Beberapa kampus ada juga yang menerapkan kebijakan membayar uang pangkal atau uang gedung secara mencicil agar tidak memberatkan para orang tua.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

2. Biaya Kuliah per Semester dan SKS

Pembayaran kuliah yang dilakukan dengan sistem per semester atatu 6 bulan sekali. Biaya kuliah di kampus negeri dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan orangtua sehingga jumlah yang dibayar setiap orang bisa berbeda.   Akan tetapi, kuliah di kampus swasta, biaya semesterannya sama rata.

Selain uang kuliah yang jumlahnya sama setiap semesternya,  ada juga biaya per SKS. Misalnya satu semester mengambil 20 SKS dan biaya per SKS Rp 500.000, berarti totalnya Rp 10 juta. Jumlah biaya SKS ini tergantung banyaknya SKS yang diambil di tiap semester sehingga bisa berbeda setiap mahasiswa.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

3. Biaya Praktik Kuliah

Ada beberapa jurusan kuliah yang ada mata kuliah praktiknya. Biasanya, mulai semester ke 5 ke atas akan ada kegiatan praktik sesuai jurusan. Contohnya kuliah di jurusan Broadcasting, akan ada praktik menggunakan kamera, praktik membuat dokumenter atau program news, dan praktik lainnya untuk meningkatkan keterampilan serta keahlianmu. Besaran biaya praktik tidak sama antar jurusan. Ada yang cuma ratusan ribu rupiah, tapi bisa juga mencapai puluhan juta rupiah.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

4. Biaya Tambahan atau Lain-Lain

Selain biaya-biaya yang harus dibayarkan langsung ke kampus ada juga biaya lainnya yang harus kamu persiapkan yang mungkin besarannya tidak pasti. Biaya tersebut misalnya, untuk membeli buku, modul kuliah, fotokopi materi kuliah, print tugas, jilid makalah, beli kertas dan tinta printer, dan laun sebagainya. Biaya-biaya tersebut mungkin jumlahnya kecil namun akan sering dikeluarkan.

Selain biaya yang menunjang kuliah ada juga biaya-biaya yang sifatnya pribadi seperti biaya hidup dan tempat tinggal. Jika kamu tidak kuliah di luar kota maka kamu tidak perlu memikirkan biaya kos, makan pun bisa di rumah. Namun bagi kamu yang diterima di kampus luar daerah, tentu saja harus siap ngekos, uang makan, dan lain-lain.  

Itulah keempat rincian biaya kuliah yang harus direncanakan sebelum kamu benar-benar mulai kuliah. Ada baiknya kamu melakukan survei dulu dengan mencari banyak informasi tentang rincian biaya kulaih di kampus yang kamu inginkan.

Untuk meringankan biaya orangtua, kamu juga bisa mencari informasi beasiswa agar biaya-biaya tadi bisa ditanggung oleh mahasiswa. Untuk informasi lengkapnya, klik saja: https://bernas.info/FormDaftarKuliah (sn).

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.