Berita Nasional Terpercaya

Kemungkinan Penularan Virus Corona dari OTG Tanpa Masker Capai 70 Persen

0

BERNAS.ID – Penularan virus corona (Covid-19) masih saja terus terjadi di Indonesia. Juru bicara penanganan Covid-19 di Indonesia Achmad Yurianto menyampaikan potensi Orang Tanpa Gejala (OTG) menularkan Covid-19 kepada orang lain mencapai 70 persen. Tidak semua individu yang terpapar virus corona menunjukkan gejala seperti demam, batuk, maupun sesak napas tetapi ada yang tak bergejala atau OTG. 

“Apabila ada seorang tanpa gangguan, tanpa gejala, seseorang dengan (status) OTG yang kemudian tidak menggunakan masker dan berada di lingkungan orang lain maka 70 persen peluangnya untuk menularkan penyakitnya ke orang lain,” terangnya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung secara daring dari Graha BNPB Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Ia menjelaskan apabila OTG memakai masker maka peluang menularkan virus corona kepada orang lain bisa berkurang. Penurunan persentase potensi penularan itu karena percikan droplet saat OTG berbicara, batuk, maupun bersin bisa tertahan oleh masker. Itulah pentingnya memakai masker saat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Selain itu, disiplin memakai masker sekaligus mencegah droplet dari OTG mencemari benda-benda yang ada di sekitarnya termasuk orang-orang yang dijumpainya. Siapa saja perlu waspada dengan cara menggunakan masker agar tidak terkena cipratan dari OTG. Jika tidak ingin berisiko tinggi tertular Covid-19, tinggal di rumah ada cara yang aman supaya tidak bertemu orang lain selain anggota keluarga di rumah. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.