Berita Nasional Terpercaya

Lakukan 4 Hal Ini Agar Anda Dapat Membantu Remaja Mempersiapkan Masa Depannya

0

Bernas.id – Masa remaja adalah masa yang paling penting sebelum seseorang melanjutkan tahapan kehidupan ke jenjang usia produktif selanjutnya. Sayangnya banyak remaja millennial yang sering kebingungan menentukan bidang karir dan profesi yang akan dijalaninya setelah menyelesaikan pendidikan. Maka empat hal ini dapat Anda lakukan untuk menyiapkan remaja menentukan masa depannya.

1. Kenali minat

Banyak remaja bingung mengenali minatnya. Hal ini memang tidak didapatkan secara instan. Mengenali minat seseorang perlu dilakukan secara berkesimabungan. Libatkan remaja dapa banyak kegiatan sejak ia masih anak-anak. Perlahan, Anda akan mendapati remaja secara konsisten menyukai suatu kegiatan.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

2. Kenalkan profesi

Kenalkan remaja para berbagai jenis profesi. Semakin banyak profesi yang ia kenali, maka remaja akan semakin kaya pengetahuan mengenai profesi yang mungkin sesuai dengan minatnya. Seringkali remaja memilih profesi sesuai dengan keluarga atau idolanya. Anda juga bisa memperkenalkan profesi yang tidak banyak dipilih orang sebagai penambah wawasan.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

3. Ajarkan tanggung jawab

Ajarkan remaja bertanggung jawab memilih profesi yang akan Ia tekuni. Mulai dari mengajarkannya tanggung jawab mengenai memilih kegiatan yang ia geluti, pengembangan hobi yang Ia sukai dan pemilihan jurusan di bangku kuliah yang akan Ia jalani.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

4. Latih membuat keputusan

Jangan tentukan jurusan yang harus diambil oleh seorang remaja. setiap kita memiliki masa depan masing-masing dan jalan hidup yang sudah digariskan oleh Sang Pencipta. Melatih remaja membuat keputusan memerlukan waktu yang lama. Jika Anda terbiasa menentukan apa saja yang harus dipilih oleh buah hati sejak ia kecil, maka ketika menginjak masa remaja ia akan menjadi seseorang yang tidak mampu membuat keputusan. Salah satu keputusan yang harus dilakukan oleh buah hati ketika menginjak usia remaja adalah berani menentukan di mana ia belajar. Mengarahkan ke kampus yang tepat sebagai pilihan untuk belajar juga bisa kita lakukan sebagai orang tua yang mendukung sang anak. Kampus Universitas Mahakarya Asia bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membersamai tumbuh kembang aank di usia remaja.

Melatih tanggung jawab dan mengenalkan remaja pada potensi yang ia miliki akan semakin memperkuat rasa percaya dirinya. Remaja perlu terus didukung untuk menentukan masa depan dengan pilihan yang tepat yang Ia buat. Salah satunya adalah dengan memilih kampus dan jurusan yang tepat dengan potensinya. Jika Anda ingin menemukan cara yang lebih praktis untuk membimbing remaja, Anda dapat bergabung dengan Bernas untuk mendapatkan informasi dan cara paling tepat.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.