Berita Nasional Terpercaya

Biaya Kuliah Terlalu Berat di Tengah Pandemi? Bagaimana Solusinya?

0

Bernas.id – Jika dunia tidak dilanda wabah corona, sekarang adalah saatnya mempersiapkan masuk universitas. Siswa SMA yang telah lulus ujian disibukkan dengan hal yang berhubungan untuk menjadi mahasiswa. Namun, karena pandemi corona telah merampas kegiatan yang seharusnya dilakukan menjadi ditiadakan, termasuk ujian nasional.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siswa yang lulus dan akan melanjutkan ke jenjang selanjutnya, beberapa ada yang mengalami kebingungan perihal ini. Pasalnya sistem pendaftaran akan beralih ke pendaftaran online. Meski ada pengarahan dari pihak sekolah, tetapi kondisi tidak akan se-efektif jika pendaftaran dilakukan secara manual, yaitu datang langsung ke sekolah, mengisi formulir, melakukan tes, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin terjadi pada siswa jenjang sekolah dasar dan jenjang menengah. Namun, tidak bagi siswa pada jenjang atas atau SMA. Ada atau tidak ada pandemi corona, sistem pendaftaran masuk ke universitas mayoritas menggunakan sistem online. Yang menjadi masalah adalah biaya masuk universitas.

Bagi sebagian orang mengalami keterpurukan ekonomi karena pandemi ini. Tidak sedikit yang usahanya gulung tikar, ada pula yang mengambil uang tabungan untuk bertahan hidup karena di-PHK dari perusahaan. Bahkan mungkin ada yang mengorbankan tabungan masuk kuliah anaknya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Bagi PNS atau pekerja tetap lainnya mungkin tidak ada masalah keuangan, pendidikan anaknya masih terjamin. Sementara bagi mereka yang hanya pekerja swasta, akankah mengorbankan masa depan anaknya? Jika masih ada jalan, sebaiknya jangan lakukan itu! Masih ada universitas yang memberikan kompensasi biaya masuk universitas dengan cara mencicil. Hal ini bisa meringankan beban orangtua, kan?

Universitas Mahakarya Asia atau UNMAHA adalah salah satu universitas yang memberikan keringanan dengan cara mencicil biaya masuk universitas. UNMAHA adalah gabungan dari empat universitas ternama di Indonesia yang di-merger menjadi satu. Empat universitas tersebut antara lain: STMIK MAHAKARYA, AMIK AKMI Baturaja, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata. Bagaimana dengan program studinya? Jangan hanya melihat keringanan biaya pendaftarannya, tetapi juga harus memperhatikan progam studinya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Tenang! UNMAHA merupakan universitas dengan prodi yang banyak diminati oleh mahasiswa. Selain itu UNMAHA merupakan universitas pencetak pengusaha, di mana para mahasiswa akan dilatih untuk menjadi seorang pebisnis dan praktek langsung merintis bisnis. Tentunya di bawah bimbingan orang-orang yang berpengalaman di bidang ini.

Berikut ini rincian biaya administrasi dan beasiswa di UNMAHA

Rincian Aktivitas

 Biaya

Uang Pendaftaran

Rp 150.000,-

SPP Kelas Online

Rp 300.000,- per bulan

SPP Reguler Program Diploma

Rp 495.000,- per bulan

SPP Reguler Program Sarjana

Rp 550.000,- per bulan

Beasiswa Pendidikan

Bebas SPP di semester 6 bagi Program Diploma

Bebas SPP di semester 8 bagi Program Sarjana

Biaya Sarana Prasarana

Beasiswa Rp 6.000.000,-

Beasiswa Rp 5.500.000,-

Beasiswa Rp 5.000.000,-

Beasiswa Rp 4.500.000,-

Beasiswa Rp 4.000.000,-

Rp 7.500.000,-

Jika Heregistrasi Bulan Mei 2020

Jika Heregistrasi Bulan Juni 2020

Jika Heregistrasi Bulan Juli 2020

Jika Heregistrasi Bulan Agustus 2020

Jika Heregistrasi Bulan September 2020

Bagaimana? Sudah memiliki gambaran kapan akan mendaftarkan anak untuk masuk ke UNMAHA? Jika kita telisik, semakin lama menunda masuk ke UNMAHA, semakin besar biaya administrasinya. Pendaftaran masuk ke UNMAHA menggunakan sistem online, jadi sangat memudahkan, bukan? Segera tentukan program studi yang akan diambil dan secepatnya mendaftarkan diri ke UNMAHA.

Kabar baik lagi untuk kalian yang sedang mengalami masalah ekonomi bahwa UNMAHA juga membuka kesempatan mendapatkan beasiswa.  Ada beberapa kuota beasiswa yang tersedia di sana pada prodi tertentu. Yuk, jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Siapa tahu kalian beruntung bisa kuliah bebas finansial selama belajar di UNMAHA. Untuk informasi dan pendaftaran klik di sini!

Good luck!

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.