Berita Nasional Terpercaya

7 Pekerjaan Freelance Paling Populer

0

Bernas.id – Di era milenial ini memang telah terjadi pergeseran pandangan tentang pekerjaan. Dulu, pekerjaan dengan status karyawan tetap dan bekerja di kantoran adalah impian banyak orang tapi sekarang pekerjaan yang tidak mengikat justru yang digemari.

Pekerja lepas atau pekerja freelance memang memiliki keuntungan tersendiri. Dari segi waktu, pekerjaan freelance sangat fleksibel. Asal target pekerjaan tercapai maka pekerjaan bisa disebut selesai. Berbeda dengan bekerja dengan jam kantor, sebelum jam kantor usai maka tidak boleh meninggalkan tempat.

Meskipun fleksibel secara waktu bukan berarti pekerjaan freelance kurang memiliki tanggung jawab. Justru pekerja freelance akan lebih berdisiplin mengatur waktu agar pekerjaan yang dilakukan selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Dengan demikian, klien atau pemberi kerja akan puas dengan hasilnya dan akan memakai jasanya lagi di kemudian hari.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Berikut ini adalah 7 pekerjaan freelance paling populer yang banyak dicari.

1. Penulis

Jangan remehkan penulis freelance karena jasa mereka sangat dibutuhkan saat ini. Fee yang ditawarkan pun bervariasi, dari mulai puluhan ribu per artikel hingga jutaan rupiah. Jika sedang banyak project tulisan, penghasilan seorang penulis freelance bisa melebihi pekerja kantoran, lho.

Jika kamu gemar menulis ada baiknya kamu melatih kemampuanmu ini. Sekedar menulis caption panjang di sosial media sudah merupakan bagian dari menulis.

Penulis freelance bisa mengerjakan tulisan dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, menulis di smartphone pun bisa dilakukan. Selain itu, pekerjaan ini cocok untuk siapa saja, bahkan mahasiswa sekalipun.

Banyak info mengenai lowongan pekerjaan penulis lepas yang bisa ditemukan di internet atau harian koran. Umumnya perusahaan membutuhkan penulis untuk menulis artikel-artikel sesuai orderan. Atau bisa juga di beberapa website online.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya

2. Pemandu Wisata

Pekerjaan freelance sebagai pemandu wisata biasanya berawal dari hobi. Suka traveling, tertarik dengan pariwisata serta sejarah bisa menjadi bekal seseorang menjadi pemandu wisata. Kemampuan bercerita dan bertutur kata secara menarik juga kelebihan yang harus dimiliki seorang pemandu wisata.

Jika kamu kuliah atau lulusan perguruan tinggi pariwisata tentu bekalmu lebih banyak lagi untuk menjadi pemandu wisata.

Jika kamu punya pekerjaan tetap atau masih kuliah bisa mengambil pekerjaan sebagai pemandu wisata pada akhir pekan. Biasanya, wisatawan juga bepergian di akhir pekan. Masa liburan merupakan masa bagi pemandu wisata banyak tamu. Kamu dapat mengisi waktu liburanmu dengan bekerja. Selain mendapatkan penghasilan kamu juga mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dan menambah wawasa. Seru, kan?

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

3. Guru Les Privat

Menjadi guru les privat adalah salah satu pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa dari jurusan apa pun. Namun biasanya, guru les privat untuk matematika dan bahasa Inggris lah yang banyak dicari.

Misalnya kamu mahasiswa jurusan MIPA atau jursan Sains lainnya maka menajdi guru les privat matematik, fisika, dan kimia bisa kamu lakoni. Untuk kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing juga bisa menggunakan ilmu kamu untuk mengajar.

Selain mendapatkan penghasilan, mengajar les privat juga bermanfaat untuk kamu, lho. Semakin sering ilmumu dipakai maka semakin terasah juga kemampuanmu.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

4. Reporter atau Kontributor

Saat ini dunia media sedang sangat marak. Banyak bermunculan portal-portal berita online yang membutuhkan kontributor atau reporter. Untuk kamu yang kuliah di bidang jurnalistik tentu merupakan modal besar untuk terjun sebagai reporter atau kontributor.

Berkat internet, seorang jurnalis tidak perlu mengerjakan berita dengan datang ke kantor media. Mereka cukup menulis dari mana saja kemudian mengirimkannya kepad redaktur atau editor.

Saat ini banyak banyak, baik media cetak, elektronik, maupun online yang membuka lowongan part time atau freelance di daerah-daerah lokal.

Kamu bisa mencoba untuk mendaftar ke situ, tugasmu cukup sederhana namun menantang, yaitu seperti memberikan laporan kejadian di tempat yang telah ditentukan, atau membuat berita mengenai daerah tempat tinggal kamu.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

5. Proofreader

Pekerjaan “membaca” ini ternyata banyak dicari, lho. Istilahnya adalah proofreader yaitu seseorang yang membaca secara sebuah karya tulisan atau naskah buku yang akan diterbitkan secara teliti. Tugas proofreader adalah mengecek, mengedit, dan mengoreksi naskah apakah sudah benar secara tata bahasa, tidak ada kesalahan penulisan, dan lain sebagainya.

Jika kamu memiliki kepekaan bahasa yang bagus, suka membaca, dan memiliki ketelitian tinggi maka pekerjaan freelance ini cocok untukmu.

Baca juga: Inilah Penggunaan Kata Sambung Di dan Kata Depan Di yang Benar

6. Barista

Menjadi barista memang memerlukan skill khusus. Kamu harus memiliki cita rasa yang baik dalam meramu minuman. Namun, tentu saja skill ini bisa dilatih, baik dengan otodidak atau belajar secara khusus.

Lowongan sebagai barista freelance banyak ditawarkan oleh coffee shop dan kafe. Selain itu, sistem kerja shift memungkinkan kamu untuk bekerja sambil kuliah. 

Baca juga: Kaidah Penulisan Huruf Miring dan Tujuan Penggunaannya

7. Fotografer

Keterampilan lain yang begitu dihargai saat ini adalah fotografer. Banyak acara pribadi seperti pesta pernikahan, ulang tahun, wisuda, hingga prewedding membutuhkan jasa fotografer. Selain acara pribadi, fotografer juga dibutuhkan oleh perusahaan atau pemilik bisnis untuk foto katalog produk maupun profil perusahaan.

Jika kamu punya hobi fotografi, kamu bisa menggunakan kemampuanmu itu mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi jika hobi fotografimu itu didukung dengan skill editing foto, sudah pasti banyak yang membutuhkan jasamu.

Kamu bisa menawarkan jasa sebagai fotografer lewat media sosial, grup komunitas di internet, atau di forum-forum yang tersedia di internet. (sn)

Baca juga: Pentingnya Prosa Ciri Khas Dan Jenisnya pada Tulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.