Berita Nasional Terpercaya

Strategi Pasca COVID-19, Kesehatan Jadi Lokomotif Utama

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 sekaligus Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X melakukan video konferensi mengenai rencana exit strategy pasca COVID-19 bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto pada Senin (11/05) sore di Ruang Media Center, Lantai 2 Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta.

Agenda tersebut juga diikuti oleh Menteri Pariwisata RI, Menteri Kesehatan RI, dan juga Gubernur se-Pulau Jawa dan Lampung.

Menyampaikan hasil pertemuan tersebut,  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Drs. Tri Saktiyana, MM mengatakan bahwa sesuai pernyataan Menteri Perekonomian RI, hal yang menjadi lokomotif utama pada exit strategy ini adalah persoalan kesehatan. ?Artinya, syarat kesehatan itu harus dapat dipenuhi terlebih dulu, baru bidang lain seperti budaya, sosial, dan ekonomi akan mengikuti,? tuturnya.

Tri menambahkan bahwa secara gradual, tentu kebijakan ini nanti ada ukuran ketat dan tidak sama rata untuk di setiap provinsi atau di kabupaten. ?Pada intinya, tidak ada trade off antara kesehatan dengan non-kesehatan,? tutur Tri.

Bahkan barangkali secara spesifik, permintaan Jawa Barat, di tingkat desa membuat gradasi tersendiri. Berkaitan dengan kebijakan tersebut, untuk DIY sendiri ada tiga kriteria. ?Tentu saja kesehatan nomor satu dilihat dari penambahan atau penurunan kasus, kedua adalah sebaran virologinya dan kesiapan pelayanan kesehatannya, selanjut ketiga adalah kesiapan dunia usaha dan masyarakat sebagai modal sosial kita,” ujar Tri.

Tri mengatakan bahwa pembahasan strategi yang dilakukan baru secara umum saja, belum sampai ke teknis dan detail. ?Untuk detailnya akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Disamping pembahasan tadi, pusat juga menginginkan kita untuk melakukan update data selain kesehatan. Data yang non-kesehatan juga harus kita update,? tutupnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.