Berita Nasional Terpercaya

Ditengah Pandemi Covid-19, Banyak yang Beralih Menjadi Pedagang Dadakan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID –  Dengan merosotnya perekonomian ditengah pandemi covid-19 ini mulai dirasakan semua kalangan masyarakat, mulai dari karyawan swasta yang di rumahkan, sampai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdalih mencari penghasilan tambahan.

Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa status WhatsApp temen-teman terdekat hingga linimasa media sosial rekan-rekan kita yang sibuk menjajakan barang yang dijualnya. Mulai dari aneka makanan, ada juga yang menawarkan hidangan santap sahur dan buka puasa, bahkan tidak sedikit yang mulai memunculkan makanan ringan hidangan hari raya Idul Fitri.

Novi (bukan nama sebenarnya) salah satu ASN di Yogyakarta yang mengaku mulai berjualan aneka makanan sejak awal bulan puasa ini dengan alasan mencari tambahan penghasilan sekaligus mengisi waktu luang di bulan Ramadhan. “Selama bulan puasa ini kan jam kerjanya berkurang, lagian selama pandemi covid-19 ini masuk kerjanya juga kan nggak seperti biasanya, jadi banyak waktu luang bisa dipakai untuk membuat masakan yang bisa dijual. Ya sekedar cari tambahan penghasilan,” ujarnya, Rabu (13/5/2020) kepada bernas.id.

Berbeda dengan Prapti, yang kini menjajakan Sosis Bakar di kawasan Jalan Glagahsari Yogyakarta, dia mengaku menjual sosis ini karena mainan anak-anak yang biasa dijualnya kini sepi pembeli. “Dari pada jual mainan sepi mending saya banting setir jualan sosis bakar saja, dan hasilnya lumayan kok,” kata dia.

Tidak berbeda jauh dengan keduanya, Dewi, wartawan salah satu media online di Yogyakarta juga ikut memasarkan aneka camilan, mulai dari keripik tempe, sale pisang, rambak sapi, singkong keju, tahu bulat, dan masih banyak yang lainnya dengan alasan mencari penghasilan tambahan.

“Ya lumayan buat cari tambahan penghasilan, lagian selama pandemi covid-19 ini kan agenda liputan juga otomatis berkurang, jadi banyak yang bisa dikerjakan dari rumah,” terangnya.

Apapun yang mereka lakukan merupakan gambaran masih dibutuhkannya penghasilan tambahan ditengah pandemi covid-19 ini. Tidak hanya mereka yang mencari penghasilan tambahan yang berharap agar pandemi ini cepat berlalu, semua pihak juga pastinya menanti hal tersebut (pandemi covid-19 berakhir). (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.