Berita Nasional Terpercaya

Waspadai 3 Hal Ini Menular dari Orang Tua Kepada Remaja

0

Bernas.id – Buah tak akan jatuh jauh dari pohonnya, demikian kata pepatah. Sifat dan kebiasaan anak biasanya tidak akan berbeda jauh dari ayah atau ibunya. Pernahkah Anda melihat sang buah hati dan berkata, “Kok mirip aku banget ya.” Memang ada beberapa kebiasaan orang tua yang akan menular kepada sang buah hati. kemiripan orang tua dan anak bukan hanya perkara gen tetapi juga kebiasaan. orang tua adalah role model. Coba perhatikan 3 hal ini dari buah hati Anda, jika ada yang buruk dari salah satunya, maka bukan buah hati Anda yang harus berubah. Tetapi Anda yang perlu mengubah dir terlebih dahulu:

1. Gaya Bicara

Seorang anak biasanya memiliki gaya bahasa bahkan dialek yang mirip sekali dengan salah satu dari kedua orang tuanya. Pilihan kata dan cara mengucapkannya biasanya ditiru dari orang tua yang paling banyak berinteraksi dengannya. Jangan heran jika ada anak laki-laki yang sangat dekat dengan sang bunda, maka cara bicaranya akan mirip dengan ibunya.

2. Sikap

Cara orang tua menyikapi suatu perkara atau kejadian akan langsung dilihat oleh anak. Komenta-komentar orang tua terhadap suatu hal akan direkam dengan baik oleh sang buah hati. anda dapat melihat bahwa buah hati Anda pun akan mengomentari atau menanggapi sesuatu persis dengan Anda. caanya menyikapi masalah dalam hidupnya pun akan mirip dengan ayah atau bundanya.

3. Pola Pikir

Perhatikan alur berpikir yang Anda miliki. Jika Anda sering berpikir negatif, maka hal ini pun akan memengaruhi pola pikir sang buah hati. bagi sebagian orang mungkin hal ini tidak pernah terabayangkan. Pola pikir seseorang akan terlihat dari caranya bersikap dan berperilaku. Sikap dan perilaku ini yang akan dengan mudah ditiru buah hati Anda.

 

Tidak ada sekolah menjadi orang tua, karena setiap keluarga adalah unit terkecil yang unik. Setiap individu di dalamnya memiliki karakter yang berbeda. Namun, Anda dapat membuat keluarga Anda sebagai support system terkuat dan terbesar untuk perbaikan kehidupan Anda baik secara pribadi maupun sebagai satu kesatuan keluarga.

Mulailah berpikir dan berperilaku positif, tebarkan efek positif bagi orang di sekeliling Anda terutama keluarga. Jika Anda ingin keluarga Anda terus berkembang menjadi lebih baik dan sukses bersama, Anda dapat pula bergabung dengan program-program pengembangan masyarakat yang akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik bersama Bernas Grup.

Leave A Reply

Your email address will not be published.