Berita Nasional Terpercaya

Masih Pandemi Covid-19, Perbaiki Kualitas Udara di Dalam Rumah

0

BERNAS.ID – Selama di rumah saja tentu menginginkan suasana yang nyaman dan memiliki kualitas udara segar. Buruknya kualitas udara turut mempengaruhi kenyamanan saat beraktivitas apalagi bekerja di rumah. Kualitas udara di dalam rumah ini bisa berdampak lebih buruk dibanding di luar rumah. Ruang tertutup bisa juga menyebabkan meluap dan munculnya racun pada udara di rumah.

Kadang tercium aroma-aroma yang menyengat di hidung, ruangan yang lembap, bahkan bau apek. Apalagi masa pembatasan sosial untuk penanganan pandemi Covid-19 masih terus diperpanjang. Bertahan di rumah adalah cara yang aman supaya terhindar dari penularan virus corona. Karenanya, kenyamanan di rumah juga ditentukan dari kualitas udara. 

Apakah di rumah sudah memiliki kualitas udara yang cukup nyaman? kalau setiap saat menghidupkan AC tentu saja akan boros listrik, begitu juga saat harus menghidupkan kipas angin. Guna menghindari buruknya kualitas udara di dalam rumah, kita harus memperhatikan sirkulasi udara di dalam rumah. Ada cara sederhana yang bisa dilakukan supaya mendapatkan kualitas udara yang baik sehingga bisa tetap nyaman bekerja maupun beraktivitas di rumah. Berikut informasi yang dihimpun Bernas.Id dari berbagai sumber: 

Beri tanaman

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kualitas udara di dalam rumah yang baik adalah meletakkan tanaman di dalam rumah. Ada beragam tanaman hias yang mudah dirawat dan berguna untuk menghilangkan racun di dalam rumah. Sejumlah tanaman memiliki kemampuan untuk menghilangkan ammonia, benzena, dan formaldehida dari udara dalam rumah. Misalnya, sansivera atau lidah mertua merupakan tanaman yang menghasilkan banyak oksigen. Lidah mertua juga mampu menyerap karbon monoksida maupun karbon dioksida di dalam ruangan. Adapula tanaman peach lily yang mampu menyerap polutan dengan baik. Sirih gading, monstera, bromeliad, aloe vera (lidah buaya), dan sebagainya. 

Rutin buka jendela

Meski udara di luar rumah juga terdapat polusi udara tetapi bukan berarti kamu harus menutup rapat jendela dan pintu rumahmu. Pergantian udara tidak bisa hanya mengandalkan ventilasi tetapi alangkah baiknya jika setiap pagi rutin membuka jendela dan pintu rumah. Sirkulasi udara jadi lebih banyak sehingga kualitas udara di dalam rumah juga akan membaik. Buka jendela ataupun pintu saat pagi hari, udara masih segar dan sinar matahari pun bisa masuk ke dalam rumah. 

Minyak esensial

Jika menginginkan udara yang segar dan kian berkualitas, gunakanlah minyak esensial untuk ruangan. Minyak esensial dapat membantu membunuh bakteri maupun virus yang beterbangan di dalam rumah. Jamur dan cendawan di dalam ruangan pun juga bisa berkurang. Pemakaian aromaterapi mulai banyak dimanfaatkan dalam keseharian. Sekarang ini sedang tren penggunaan aromaterapi dengan meneteskan minyak esensial ke dalam alat diffuser yang bisa menyebarkan uap air ke berbagai penjuru ruangan. 

Bersihkan filter AC dan kipas angin

Apabila menggunakan AC maka perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah sejumlah masalah kesehatan. Selain itu juga sebagai upaya untuk menjaga fungsinya sebagai pendingin ruangan. Terkumpulnya debu di filter AC justru bisa merusak kualitas udara di rumah. Demikian juga kipas angin juga perlu dibersihkan dengan rutin agar tak banyak debu yang menempel. 

Itulah beragam cara sederhana yang bisa dlakukan supaya nyaman di rumah selama pandemi Covid-19. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.