Berita Nasional Terpercaya

Khawatir Berat Badan Naik Selama di Rumah? Lakukan Cara Mudah Ini

0

BERNAS.ID – Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang tak boleh dibiarkan begitu saja. Apalagi kelebihan berat badan yang mencapai obesitas memicu penyakit lain. Nah, saat harus work from home menimbulkan kekhawatiran bertambahnya berat badan. Selama di rumah aktivitas membakar kalori tak sebanyak biasanya.

Orang tidak melakukan perjalanan ke kantor, lebih banyak duduk di rumah, tidak banyak bergerak, bahkan bisa jadi bekerja sambil rebahan. Satu lagi yang cukup menggiurkan, godaan makan yang lebih besar dari biasanya. Dengan alasan harus menjaga imunitas tubuh akhirnya jadi rutin makan bahkan saat bosan melanda ujung-ujungnya akan menyantap camilan. Bagi orang-orang yang makan sedikit saja bisa membuat berat badan naik apalagi kalau sudah berminggu-minggu di rumah saja. 

Mengingat dampak buruknya obesitas pada kesehatan fisik maupun mental tentu saja pola makan harus diatur. Berikut informasi yang dihimpun Bernas.Id, cara mudah agar berat badan tidak terus bertambah selama bertahan di rumah. 

Tidur yang cukup

Apa hubungannya makan dan tidur? Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Sleep Research Society, seseorang yang kurang tidur memiliki risiko lebih besar mengalami obesitas. Hal ini terjadi karena kurang tidur mengganggu fungsi normal dari hormon sehingga turut mempengaruhi pola makan. Saat terus begadang, akan terasa lapar menjelang jam tidur. Saat masih beraktivitas di malam hari akan cenderung makan lagi untuk mengatasi rasa lapar dan barulah tidur. Usahakanlah tidur yang cukup untuk menghindari begadang maupun kurang tidur. 

Pakai piring kecil

Gunakanlah piring lebih kecil dari biasanya untuk membantumu mengurangi porsi makan hal ini berdasarkan International Journal of Obesity.Hal ini juga membuatmu tetap sadar pada porsi makan yang kamu konsumsi. Penggunaan piring yang lebih kecil ini juga akan membantu dalam menurunkan berat badan. Porsi yang diambil tidak berlebihan dibandingkan menggunakan piring yang lebih besar akan cenderung mengambil makanan sampai terisi penuh. 

Sikat gigi 

Lekaslah sikat gigi setelah makan untuk menekan keinginan ingin mengonsumsi makanan lagi. Apalagi setelah makan malam atau menjelang tidur supaya membatasi keinginan untuk mengunyah makanan lagi. Meskipun hanya camilan tetap saja harus dihindari saat malam hari. Kalau sudah sikat gigi, bisa menahan agar tidak makan lagi karena kalau makan lagi maka akan sikat gigi lagi sebelum tidur. 

Perbanyak minum air putih

Asupan air yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan serta menahan rasa lapar. Air putih atau air mineral merupakan minuman tanpa kalori yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Minumlah air putih setidaknya 30 menit sebelum makan untuk menekan nafsu makan berlebih. 

Selama di rumah saja, justru kamu bisa mengatur waktu untuk makan dengan rutin, mengatur porsi makan, serta memperhatikan asupan gizinya bukan hanya sekadar asal kenyang. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.