Berita Nasional Terpercaya

Bandingkan Kuliah di PTN atau PTS, Jangan Salah Ambil Langkah!

0

Bernas.id – Menentukan perguruan tinggi memang tidak boleh sembarangan. Kita harus tahu kualitas dari perguruan tinggi tersebut. Banyak yang beranggapan Perguruan Tinggi Negeri atau PTN memiliki kualitas yang lebih daripada Perguruan Tinggi Swasta. Padahal tidak semuanya. Masih banyak PTS yang berkualitas bahkan melebihi kualitas PTN.

Sebelum menentukan perguruan tinggi, simak kelebihan Perguruan Tinggi Swasta dibanding dengan Perguruan Tinggi Negeri berikut ini:

1. Persaingan Masuk Perguruan Tinggi

Semua orang pasti sepakat bahwa masuk Perguruan Tinggi Negeri memiliki persaingan yang lebih sulit dan ketat daripada Perguruan Tinggi Swasta. Masuk PTN harus bersaing dengan ribuan pendaftar lain, dan persentase diterima tentunya sangat sedikit, apalagi jika kita sadar bahwa kemampuan kita tidak melebihi rata-rata. Berbeda dengan masuk ke Perguruan Tinggi Swasta. Seleksi yang dilakukan cukup praktis, dan peluang diterima lebih besar. Jadi, mana yang kalian pilih?

2. Menentukan Jam Kuliah

Untuk waktu perkuliahan, pada Perguruan Tinggi Swasta lebih fleksibel dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri. Kampus swasta memiliki jam kuliah yang bisa disesuaikan dengan kegiatan dan aktivitas yang kita yang lain. Jadi, lebih memudahkan kita, kan?

3. Fasilitas Belajar

Siapa bilanh kalau fasilitas kampus swasta selalu di bawah kampus negeri? Pada sebagian kampus swasta justru memiliki fasilitas kampus yang lebih lengkap karena di bawah naungan yayasan. Akan banyak input dana tentunya.

4. Pembayaran Uang Kuliah

Pada sebagian kampus swasta, untuk sistem pembayaran uang kuliah bisa dicicil. Dengan sistem ini tentunya akan memudahkan mahasiswa dari keluarga dengan tingkat ekonomi yang rendah. Tidak semua PTN yang memiliki biaya yang hemat, malah ada beberapa PTS yang memiliki biaya kuliah yang terjangkau.

5. Tetap ada Beasiswa

Jika yang ada mengatakan bahwa beasiswa hanya untuk PTN, salah besar. Pada PTS pun menyediakan beasiswa, bahkan bidikmisi pun bisa untuk PTS, loh. Jadi, jangan khawatir tidak akan mendapat beasiswa jika kuliah di kampus swasta.

 

Salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang sesuai karakteristik di atas adalah Universitas Mahakarya Asia yang berada di Jalan Magelang, Kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini telah mengeluarkan lulusan yang berkualitas. Jangan khawatir dengan biaya kuliahnya! Biaya kuliah di UNMAHA terjangkau, juga menyediakan Kontes Beasiswa. Tidak hanya itu, para mahasiswa akan mendapat mentoring menjadi seorang pengusaha.

UNMAHA yang merupakan gabungan empat perguruan tinggi di Indonesia, tentunya memiliki banyak program studi dengan program pembelajaran sebagai berikut:

  • 20 SKS akan diberikan mata kuliah entrepreneurship dan bisnis project
  • 1 semester kuliah di jurusan kewirausahaan
  • 2 semester (dihitung 40 SKS) akan diberikan mentoring membangun usaha
  • 1 semester mengerjakan tugas akhir plus pendampingan menaikkan omset bisnis
  • Untuk yang sudah lulus akan diberikan business mentoring selama 3 tahun

Keren, kan kuliah di UNMAHA. Jadilah pengusaha sejak menjadi mahasiswa hanya di UNMAHA. Segera daftarkan diri di link berikut!

Leave A Reply

Your email address will not be published.