Berita Nasional Terpercaya

Pembukaan Destinasi Wisata Yogyakarta Menunggu Rekomendasi Tim Gugas Covid-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Menyambut ?The New Normal?, Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan pemenuhan standar dan fasilitas kebersihan, kesehatan, dan keamanan destinasi wisata. Standar dan fasilitas akan diberlakukan di semua industri Pariwisata di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menyebut beberapa kegiatan yang sedang berlangsung dan akan dilaksanakan menyambut The New Normal. “Misalnya, pembersihan destinasi wisata, perbaikan fasilitas di destinasi wisata, penambahan fasilitas kebersihan, penyediaan fasilitas cuci tangan. Semua itu dilakukan untuk membuat wisatawan dapat merasa aman dan nyaman saat berkunjung dan menikmati sarana dan prasarana pariwisata di DIY,” ujarnya, Kamis (21/5).

Selain itu, Singgih juga menyampaikan tentang peningkatan kualitas SDM dengan pelatihan online (marketing, visitor manajemen, oemanduan). Lalu, penyusunan SOP Standar Protokol Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan untuk Akomodasi, Restoran, Transportasi, Destinasi dan Event, serta sosialisasi dan uji coba SOP Standar Protokol Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan.

“Dalam Penyiapan SOP Industri Pariwisata DIY meliputi Kesiapan dari Hotel, Restoran, Transportasi, Pemandu dan Destinasi Wisata dalam menerima atau melayani wisatawan dengan berpedoman pada Protokol Kesehatan pencegahan penularan COVID-19,”imbuhnya.

Sebagai contoh di hotel, pada saat menginap, Singgih mengatakan wisatawan harus mengikuti prosedur seperti pengecekan suhu badan, penggunaan masker, penanganan kamar setelah tamu checkout, termasuk transportasi, daya tampung mobil menyesuaikan protokol physical distancing, penyediaan handsanitizer, dan sebagainya.

Selain itu, sebagai persiapan untuk menghadapi masa The New Normal, lanjut Singgih, Dispar DIY telah melakukan penyiapan sejumlah informasi berupa penyiapan konten video yang berisi serangkaian kegiatan kesiapan di destinasi/desa wisata tentang bagaimana industri pariwisata mendemonstrasikan keseriusan dalam menyiapkan higienitas dan sanitasi dengan serius.

“Langkah kongrit Pemda DIY dalam penyiapan The New Normal memberikan stimulus pemasangan Wastafel di 50 destinasi/desa wisata di Yogyakarta dengan pola padat karya masyarakat. Secara prinsip, kami membantu bagaimana destinasi dan pelaku usaha pariwisata untuk dapat menjalankan aktivitas tanpa terganggu Covid-19 dan meyakinkan wisatawan memperoleh jasa dan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan,” imbuhnya.

Terkait pembukaan destinasi wisata di Yogyakarta, Singgih mengatakan setelah mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas (Gugas) Penanganan COVID-19 dengan memperhatikan kesiapan destinasi wisata ataupun SDM. Selain itu, melihat situasi  kondisi perkembangan Covid-19 di DIY. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.