Berita Nasional Terpercaya

Kasus Covid-19 Meningkat Jelang Lebaran, Wapres Ma’ruf Amin Soroti Ini

0

BERNAS.ID – Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan masih ada masyarakat yang kurang disiplin mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karenanya, ia meminta supaya seluruh pihak mengingatkan penerapan protokol kesehatan. Belakangan viral video maupun foto masyarakat yang rela berdesak-desakan untuk berbelanja, masih ada yang nongkrong, dan berada di keramaian. 

“Masih ada sebagian masyarakat yang kurang disiplin. Kurang mematuhi protokol kesehatan menjaga jarak, menggunakan masker, tidak ada keramaian-keramaian dan banyak orang,” ungkap Wapres Ma'ruf Amin di rumah dinas, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2020).

Jelang Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19, Wapres juga meminta Indonesia yang ingin bersilaturahmi dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berkomunikasi tatap muka dengan orang tua, sanak saudara. 

“Kita dapat bersilaturahim melalui media secara virtual. Kita bisa melalui WA (aplikasi WhatsApp), melalui telepon, bahkan kita bisa melalui teleconference,” imbuh Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo turut menyoroti aktivitas masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri yang memadati pasar tradisional hingga mall. Presiden pun meminta agar pengaturan jarak tetap dilaksanakan dengan baik, yakni mematuhi protokol kesehatan. Petugas dapat memingat pengunjung agar menggunakan masker, menjaga jarak. 

“Saya melihat pasar-pasar tradisional saat ini mulai ramai karena banyak masyarakat yang belanja dalam rangka persiapan hari raya,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu dalam rapat terbatas persiapan Idul Fitri melalui siaran telekonference beberapa waktu yang lalu. 

Sebagai informasi, pasien positif Covid-19 di Indonesia menjelang Idul Fitri justru kian meningkat. Berdasarkan data yang direkap hingga Kamis (21/5/2020) siang jumlah pasien yang positif Covid-19 menjadi 20.162 orang. Kasus Covid-19 di Indonesia belum juga mengalami penurunan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.