Berita Nasional Terpercaya

Maklumat Imbauan Warga Jogja untuk Salat Idul Fitri di Rumah Diterbitkan

0

YOGYA, BERNAS.ID– Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta bersama Majelis Ulama Indonesia serta organisasi Islam Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama telah mengeluarkan maklumat berisi imbauan kepada seluruh masyarakat untuk menggelar takbiran dan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

?Dari laporan camat, belum ada yang akan melakukan takbiran keliling dan Salat Idul Fitri di lapangan atau masjid. Sampai saat ini, pemantauan terus dilakukan,? kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Jumat (22/5/2020).

Menurut dia, maklumat bersama tersebut dikeluarkan karena kasus COVID-19 di Kota Jogja dalam satu pekan terakhir masih cukup tinggi, terlebih belum seluruh potensi penularan dari tiga klaster yang ada sudah terlacak dan bisa dilokalisasi.

Dengan begitu, menurutnya potensi penularan virus corona di tengah masyarakat masih bisa terjadi dan menjadi ancaman bersama.

?Demi kepentingan bersama dan mencegah penularan, selama masa Lebaran tetap harus diupayakan pencegahan penularan sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan takbir keliling atau Salat Idul Fitri di lapangan atau masjid,? sambungnya.

Dalam maklumat yang ditetapkan pada Rabu (20/5) itu, selain terdapat aturan terkait pelaksanaan takbiran dan Salat Idul Fitri di rumah, juga diatur mengenai pembayaran dan penyaluran zakat fitrah yang diupayakan semaksimal mungkin agar tidak terjadi kontak fisik.

Selain itu, kegiatan silaturahim atau halal bi halal yang menjadi budaya masyarakat saat Lebaran dengan saling berkunjung ke sanak keluarga bisa diganti dengan cara lain, yaitu menggunakan bantuan teknologi, misalnya telepon, media sosial, hingga video call.

?Masyarakat diminta mematuhi maklumat ini, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.