Berita Nasional Terpercaya

Pembuatan Pupuk Kompos: Bisnis Menguntungkan, Ramah Lingkungan

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Sumber inspirasi dalam menciptakan sebuah usaha, nyatanya bisa datang dari mana saja. Berapa pengusaha sukses berhasil mencapai posisinya saat ini diawali dengan ketertarikan di satu bidang, beberapa pengusaha lain ada juga yang memulai usahanya justru karena adanya tekanan  kehidupan.

Tetapi tidak selaras dengan seseorang pengusaha wanita bernama Irene Holle yang berhasil menjadikan usaha pada bidang pengolahan sampah yang berawal dari keprihatinan. Melihat fenomena masalah sampah yang semakin parah di negeri ini, wanita yang awalnya sama sekali tidak memiliki background dalam bidang lingkungan tadi, terbukti dapat berhasil membangun bisnisnya.

Saat ini Irene Holle mungkin dikenal sebagai seorang entrepreneur wanita penggiat usaha pengolahan kembali sampah organik melalui perusahaan yang ia dirikan yakni PT. Recycle Indonesia Utama Mandiri. Tetapi yang menarik ternyata Irene sama sekali tidak mempunyai background pada bidang manajemen lingkungan. Sebab dulunya pendidikan yang ia tempuh adalah bidang food and beverage.Jika ditanya wacana harapan mungkin yang terbayang pada benaknya dulu untuk memiliki usaha kuliner.

Tetapi takdir mengatakan lain, sekarang perempuan 41 tahun ini justru berhasil berkarya di bidang usaha yang mungkin sama sekali tidak pernah terpikir olehnya.

Melihat kembali  di waktu awal, harapan Irene mendalami usaha pengolahan kembali sampah bermula dari keprihatinan dirinya terhadap kondisi lingkungan yang semakin buruk. Norma masyarakat dalam membuang sampah nyatanya masih sangat rendah di Indonesia. Dampaknya tentu kita semua tahu, sampah yang menggunung mengakibatkan banyak sekali problem mulai dari sarang penyakit sampai banjir tahunan yang kerap menyerang kota-kota besar.

Di tahun 2002, langkah Irene mendalami bisnis pengolahan sampah mulai dijalankan. Kala itu untuk menerima info wacana proses dan  teknik pengolahan sampah daerah, ia ?berguru? di BPPT (Badan Pengkajian serta Penerapan Teknologi) lewat sebuah event kursus berjudul Zero waste. Dalam pembekalan selama 3 hari tersebut, ia mendapatkan pengalaman yang luar biasa besar, tak hanya pada hal teknis tetapi lebih pada besarnya potensi usaha yang terkandung pada tumpukan sampah.

Pengalaman unik terjadi saat ia sempat mengunjungi lokasi kawasan pembuangan akhir pada Bantar Gebang Bekasi. Saat itu ia melihat tumpukan sampah yang menggunung serta bau yang tidak sedap. Hal itu membuat dirinya mabuk karena tak tahan dengan bau tersebut. Belum lagi ketika mengunjungi lokasi daerah jagal hewan ternak daerah Cakung,  nyatanya bau di lokasi tersebut jauh lebih ?mematikan?.

Setelah menuntaskan kursus singkat, bahkan sempat sakit selama tiga hari setelah kunjungan tersebut, tak membuat Irene gentar. Justru Ia sangat bersemangat untuk segera memulai usaha pengolahan sampah miliknya sendiri. Bermodal uang sebesar 100 juta rupiah, ia mulai menyiapkan segala keperluan mulai dari truk pengangkut sampah, lokasi pengolahan, hingga biaya operasional untuk pegawai. Bertempat di kawasan Cinangka Sawangan Depok, perusahaan Recyclindo milik Irene mulai dijalankan.

Awalnya tentu tidak mudah dalam mencari pasokan sampah organik yang cocok dengan kriteria pengolahan.Tetapi lambat laun ia pun mulai mendapatkan agen-agen pemasok sampah organik yang mampu menyampaikan bahan standar sampah secara konsisten.

Setelah beberapa tahun berjalan, perusahaan yang memproduksi pupuk kompos tersebut mulai menampakan hasil yang signifikan. Pada setiap hari perusahaan tadi bisa menghasilkan 500 kilogram pupuk dengan omset pendapatan mencapai 70 juta rupiah setiap bulannya. Bahkan berkat kepedulian tinggi yang ia tunjukkan terhadap lingkungan, pada tahun 2010 Irene dinobatkan menjadi pemenang pada Lomba Perempuan Wirausaha BNI-Femina periode 2010-2011 dalam kategori Green Entrepreneur.

Sungguh ketekunan yang luar biasa, bukan? Jika kita pantang menyerah dalam melakukan sesuatu hal, tentu akan membuahkan hasil yang baik. Apalagi hal tersebut sangat bermanfaat bagi semua orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.