Berita Nasional Terpercaya

Tak Ada Jaminan Aman dari Covid-19, MUI Minta Agar Salat Idul Fitri di Rumah

0

BERNAS.ID – Hari Raya Idul Fitri 1441 H jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020. Sayangnya, pada Lebaran tahun 2020 Indonesia menjadi salah satu negara terdampak pandemi Covid-19. Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia KH Abdullah Jaidi menyampaikan tidak ada yang larangan salat Idul Fitri. Hal ini menanggapi kegelisahan masyarakat karena imbauan untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah saja. 

“Salat Idul Fitri itu bukan hal yang dilarang karena di sana di sini dikatakan dilarang. Bukan dilarang,” ujar Abdullah, Jumat (22/5/2020) kemarin. 

Menurutnya, salat Idul Fitri tahun 2020 ini memang tidak seperti biasanya. Kali ini, semuanya harus dilakukan di rumah karena bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

“Salat idul Fitri di rumah masing-masing. Hal ini untuk menghindarkan kerumunan dan mengantisipasi agar kita ke depan ini dapat menekan dari merebaknya wabah corona ini,” jelasnya. 

Lebih lanjut, ia juga menyinggung salat Jumat yang wajib tetapi tetap bisa dilakukan di rumah selama pandemi Covid-19. 

“Salat Jumat saja kita menyampaikan dapat dilaksanakan di rumah secara sendiri maupun jamaah. Itu yang wajib apalagi salat Idul Fitri yang sunah,” ungkap Abdullah.

Pihaknya juga menyadari jika beberapa daerah ada yang memperbolehkan salat Idul Fitri berjemaah, terutama untuk wilayah zona hijau. Umat Islam boleh melaksanakan salat Idul Fitri di masjid ataupun lapangan. Meskipun diizinkan, ia menegaskan tidak ada jaminan salat Idul Fitri berjemaah di zona hijau aman dari penularan virus corona. Apalagi pelaksanaan salat Idul Fitri di lokasi terbuka dan peserta salat tidak terdeteksi dari mana saja.

Disampaikan Abdullah, praktek physical distancing tak semudah teori. Oleh karenanya, ia meminta kepada semua pihak agar menahan diri dan lebih baik menjalankan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. 

“Kita bersabar, Allah akan memberikan jalan sebaik-baiknya,” ujarnya. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.