Berita Nasional Terpercaya

Ini Makanan yang Identik Saat Hari Raya Idul Fitri, Apa Kesukaanmu?

0

BERNAS.ID – Menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri pastilah ada banyak hal yang sudah dipersiapkan. Setelah sebulan Anda berpuasa, Idul Fitri menjadi momen untuk merayakan kemenangan. Perayaan Idul Fitri di Indonesia merupakan salah satu agenda acara yang cukup spesial.

Mulai dari sajian makanan, aneka minuman, camilan dan dekorasi rumah turut menyemarakkan suasana. Jika Anda sudah menemukan beberapa makanan ini ada di rumah. Ada beragam hidangan khas Lebaran. Meski tak bisa mudik atau hanya merayakannya di rumah saja karena pandemi Covid-19, setidaknya ada makanan yang telah dipersiapkan. Berikut beragam makanan yang identik saat Idul Fitri a la Bernas.Id: 

Ketupat

Makanan yang satu ini merupakan menu wajib hampir di semua acara perayaan besar. Ketupat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tradisi Lebaran di Indonesia. Beras dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam janur atau daun kelapa muda yang sudah dianyam. Kemudian direbus lebih dari 4 jam, sehingga memang membutuhkan waktu tak sebentar. Ketupat ini menjadi simbol saat Lebaran, yakni ngaku lapat yang artinya mengakui kesalahan. 

Opor Ayam

Sajian ayam dengan kuah santan kental dan rasanya yang gurih menjadikan makanan ini cocok disantap bersama keluarga. Opor ayam adalah salah satu menu yang mudah dijumpai ketika hari raya Idul Fitri. Cita rasanya yang gurih, kental, dan legit membuat makanan ini terasa begitu mewah untuk dihidangkan. 

Rendang Daging

Tidak jauh dari dunia perdagingan, semur daging merupakan salah satu menu yang tidak luput dari meja makan saat Idul Fitri. Cita rasanya yang manis, gurih dan segar menjadikan menu ini banyak digemari untuk disajikan. Ada berbagai macam bentuk penyajian dari sajian semur daging ini. Ada yang menggunakan bola-bola daging giling dan ada pula yang membuat dengan potongan daging sapi pilihan. Disajikan dengan campuran potongan kentang dan bawang goreng, makanan ini cocok menemani Anda ketika hari raya.

Sambal Goreng Ati

Makanan olahan sambal ini bisa disajikan dengan dua pilihan, menggunakan ati sapi atau ati ayam. Jangan lupa ditambahkan potongan kentang sebagai pelengkap sajian dengan citarasa pedas manis ini. Rendang daging juga menjadi salah satu kekhasan di meja makan saat Lebaran. Kapan lagi bisa makan daging sepuasnya kalau tidak pas hari raya? Banyak orang tak mau melewatkan kesempatan mencicipi hidangan ini.

Lidah Kucing

Berbeda dengan beberapa makanan yang dibahas di atas, lidah kucing hadir menjadi panganan yang cukup digemari untuk di sajikan ketika Idul Fitri. Cemilan satu ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang manis. Kue kering ini biasa menghiasi meja tamu ketika Idul Fitri tiba dan juga menjadi pengisi bingkisan hantaran untuk beberapa acara. Bahkan, baru mulai bulan puasa pun sudah ada penjual kue kering dan menawarkan pre order. 

Nastar

Salah satu jenis sajian kue kering dengan isian selai nanas didalamnya dan memiliki rasa yang manis adalah nastar. Kui ini menjadi ikonik terutama ketika hari raya Idul Fitri karena pasti akan ditemukan di meja tamu. Rasanya yang manis cocok dihidangkan bersama teh atau kopi sebagai pelengkap ketika berkumpul bersama keluarga.

Masih banyak makanan yang identik saat Hari Raya Idul Fitri. Meski harus merayakan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19, tetaplah menjaga kesehatan dan berupaya memutus rantai penularan Covid-19. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.