Berita Nasional Terpercaya

Usai Lebaran, Pelayanan Publik Pemkot Jogja Ramai Dikunjungi Warga

0

YOGYA, BERNAS.ID– Sejumlah kantor di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang memberikan pelayanan langsung ke masyarakat langsung ramai dikunjungi warga usai libur Hari Raya Idul Fitri 2020. Misalnya Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta di Dinas Sosial yang berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

“Di dua dinas tersebut kembali terlihat antrean warga yang ingin mengakses layanan kependudukan dan sosial. Meskipun ramai, masyarakat sudah diimbau untuk selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta Baharudin Kamba, Selasa (26/3/2020).

Ia menjelaskan, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, warga yang mengantre untuk mengambil dokumen kependudukan diminta membersihkan tangan di tempat cuci tangan yang sudah disiapkan di luar kantor. Demikian pula di Dinas Sosial.

“Di Dinas Sosial juga sudah banyak warga yang mengantre untuk mengurus kartu kelompok sasaran jaminan perlindungan sosial (KSJPS) untuk warga miskin. Semuanya sudah dilakukan sesuai protokol kesehatan,” jelasnya.

Di kedua dinas tersebut juga diterapkan sistem kehadiran bagi pegawai secara manual atau menggunakan mesin pindai wajah meskipun masih ada sebagian pegawai yang menjalani sistem bekerja dari rumah.

Pada hari pertama masuk kerja di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta juga diisi dengan kegiatan syawalan yang diikuti oleh kepala daerah dengan sejumlah pejabat secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, khususnya jaga jarak. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.