Berita Nasional Terpercaya

Untung Mana, Investasi Emas Batangan atau Emas Perhiasan?

0

BERNAS.ID – Sudah bukan rahasia lagi jika emas menjadi salah satu bentuk investasi yang paling populer dan banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Harganya yang terbilang stabil dan juga cenderung mengalami peningkatan, menjadi salah satu alasan utama bagi banyak orang untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Emas seolah telah menjadi sebuah pesona tersendiri di dunia investasi, sehingga sepanjang tahun tidak pernah sepi dari peminat investasi.

Baik emas dalam bentuk perhiasan ataupun emas dalam bentuk batangan, keduanya akan memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang Anda lakukan. Pertimbangkan beberapa poin di bawah ini sebelum memilih salah satu di antara keduanya:

1. Tujuan Investasi

Hal pertama yang patut untuk Anda pahami adalah mengenai tujuan Anda melakukan investasi itu sendiri, jangan sampai Anda salah memilih dan tidak mendapatkan keuntungan maksimal di masa yang akan datang.

Jika tujuan investasi Anda dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka ada baiknya Anda melakukan investasi dalam bentuk emas batangan saja, sebab emas dalam bentuk ini akan memiliki nilai jual yang lebih stabil jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan yang bisa saja mengikuti tren. Anda bisa saja mengeluarkan sejumlah biaya pembuatan yang mahal untuk sebuah perhiasan emas yang bentuknya terbilang rumit, namun ketika beberapa tahun kemudian perhiasan tersebut dijual, sejumlah biaya pembuatan yang Anda keluarkan itu tidak akan dihitung pada harga jualnya.

2. Harga di Pasaran

Cermati juga harga emas yang berlaku di pasaran ketika Anda akan melakukan investasi dalam bentuk logam mulia ini. Jika harga sedang tidak stabil dan cenderung naik-turun selama beberapa pekan terakhir, maka sebaiknya Anda tunda dulu niat untuk melakukan investasi tersebut. Jangan sampai Anda berinvestasi dalam bentuk emas ketika harganya sedang melonjak tinggi, hal ini akan berisiko menimbulkan kerugian di masa yang akan datang jika sewaktu-waktu Anda berniat untuk menjualnya kembali, terutama jika harganya merosot di pasaran.

3. Tempat Membeli yang Aman

Ini akan menjadi hal yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan, terutama jika Anda berniat untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan. Jangan sampai Anda membeli emas palsu atau dengan kadar yang tidak sesuai harga yang Anda bayarkan, untuk itu pastikan Anda membeli emas di tempat/toko emas yang terpercaya saja.

Emas Batangan

Investasi dalam bentuk emas batangan tentu masih menjadi salah satu yang paling banyak dipilih hingga saat ini, hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan tersendiri juga bagi Anda untuk investasi yang akan Anda lakukan nanti. Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi yang ideal dilakukan dalam jangka panjang, sebab harga jual kembalinya terbilang tinggi dan juga stabil. 

Selain hal tersebut, kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup: nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda dalam memilih investasi ini, sebab sejumlah uang yang Anda keluarkan akan lebih terjamin dan Anda bisa berinvestasi dengan rasa aman.

Namun meski demikian, tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan ini terutama dengan harga emas yang semakin mahal setiap harinya. Secara khusus pemerintah memang memiliki layanan penjualan emas batangan melalui PT. Antam, namun hanya di beberapa kota besar saja yang terdapat gerai atau butik PT. Antam itu sendiri. Bahkan meski pegadaian dan juga beberapa bank memberikan layanan penjualan emas batangan, hal tersebut tetap sulit diakses oleh semua orang, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dan jauh dari pusat kota. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat untuk bisa berinvestasi dalam bentuk emas batangan.

Emas Perhiasan

Hampir semua orang tentu menyukai perhiasan, terutama kaum wanita, dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai investasi emas dalam bentuk perhiasan. Selain berinvestasi, emas dalam bentuk perhiasan bisa digunakan sebagai aksesoris yang akan menambah nilai penampilan seseorang. Emas memiliki nilai yang tinggi, sehingga tepat untuk dijadikan sebagai perhiasan dalam menunjang penampilan.

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan jauh lebih mudah didapatkan, jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk batangan. Ada banyak toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan, bukan hanya di kota besar saja, namun toko-toko tersebut bahkan bisa ditemukan dengan mudah di hampir seluruh wilayah kecamatan yang terbilang cukup jauh dari perkotaan sekalipun. Dengan begitu, orang akan lebih mudah membeli atau bahkan menjual kembali emas yang mereka miliki.

Investasi dalam bentuk perhiasan memang masih cukup banyak dilakukan hingga saat ini, meskipun hal tersebut bisa saja tidak memberikan keuntungan yang maksimal. Selalu ada kemungkinan Anda untuk mendapatkan perhiasan emas palsu di pasaran, sebab tidak semua orang memiliki keahlian dalam mengukur kadar emas yang mereka beli. Untuk itu akan sangat penting bagi Anda mempertimbangkan dengan baik tempat di mana Anda akan membeli perhiasan emas tersebut, selalu teliti kadar emas yang Anda beli, agar Anda tidak mengalami sejumlah kerugian atas investasi yang Anda lakukan.

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan dikenakan sejumlah biaya pembuatan yang terbilang cukup besar. Tidak tanggung-tanggung, jumlah biaya pembuatan ini berkisar antara 15-20% dari nilai emas itu sendiri, beberapa toko perhiasan ternama bahkan menerapkan sejumlah biaya pembuatan yang berkisar antara 30% pada perhiasan mereka. Ini tentu jumlah yang sangat besar, bukan?

Sejumlah biaya pembuatan yang dikenakan toko perhiasan tersebut tidak akan dihitung ketika Anda menjual kembali perhiasan emas yang Anda miliki. Artinya, toko perhiasan nanya akan membayarkan sejumlah uang yang sesuai dengan nilai jual perhiasan emas itu saja, di mana hal tersebut hanya dihitung berdasarkan berat serta kadar emas dan juga harga pasaran emas yang berlaku saat itu. Dengan begitu Anda akan kehilangan sejumlah uang yang telah Anda bayarkan sebagai biaya pembuatan perhiasan emas yang Anda beli tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, selalu pertimbangkan memilih jenis perhiasan yang tidak terlalu rumit, sebab semakin rumit sebuah perhiasan, maka akan semakin tinggi biaya pembuatannya. Jangan sampai Anda membayar sejumlah biaya pembuatan yang mahal, sementara beberapa bulan kemudian Anda menjual kembali perhiasan tersebut dengan harga yang tentunya jauh lebih rendah dari harga beli yang Anda keluarkan.

Menyesuaikan dengan Tujuan Berinvestasi

Bahkan sampai sekarang, investasi dalam bentuk emas ini masih dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi paling banyak dipilih. Baik itu investasi dalam bentuk emas perhiasan maupun emas batangan, keduanya tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Makanya penting bagi Anda untuk menyesuaikan dengan tujuan investasi, sehingga manfaat berinvestasi tersebut bisa lebih maksimal lagi di masa akan datang.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.