Berita Nasional Terpercaya

BIN Serahkan Bantuan Ke RSUP persahabatan Berupa Peralatan Medis Penanganan Covid-19

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Badan Intelijen Negara (BIN) meneruskan upaya dan langkahnya untuk membantu Pemerintah Indonesia, dalam melakukan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Salah satu bukti nyata memutus mata rantai ditunjukan BIN dengan memberikan bantuan berupa 2 unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dan alat kesehatan lainnya ke RSUP Persahabatan, Jakarta Timur.

RSUP Persahabatan merupakan rumah sakit rujukan yang sejak awal menangani pasien corona. Dalam hal ini, BIN juga memberikan catridge PCR sebanyak 2000 unit, alat digital ronsen sebanyak 2 unit dan masker N 95 sebanyak 234 box.

Penyerahan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan itu diberikan dengan diwakili oleh Staf Khusus Kepala BIN, Meyjen TNI Suyanto di RSUP Persahabatan, Selasa 26 Mei 2020.

“Jadi ada catridge PCR sebanyak 2000 unit dan alat PCR sebanyak 2 unit. Selain itu kita juga menyerahkan alat  digital ronsen sebanyak 2 unit dan masker  N 95 sebanyak 234 box,” kata Staf Khusus Kepala BIN, Meyjen TNI Suyanto di RSUP Persahabatan, Selasa (26/5/2020).

Suyanto menyampaikan instruksi Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan, pemberian alat kesehatan tersebut diharapkan mampu melakukan pendeteksian secara massal sebagaimana instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

“Ini sesuai instruksi dari Kepala BIN, selain di RSUP Persahabatan, Kita juga berikan di RS lain juga. Diharapkan tentunya penanganan Covid 19 bisa cepat diselesaikan  dan terdeteksi dengan cepat,” ujar Suyanto, dalam keterrangan tertulisnya, Rabu (27/5/2020).

Pada kesempatan itu, Direktur utama RSUP Persahabatan, dr. Rita Rogayah mengapresiasi pemberian bantuan dari BIN tersebut. Menurutnya, sebelum adanya bantuan ini, pihaknya membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan pasien Covid-19.

“Seperti kita ketahui kalau pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) itu kalau tidak kita lakukan sendiri dirumah sakit, kita harus menunggu cukup lama,” tutur Rita saat menerima bantuan BIN tersebut.

Untuk saat ini, dr. Rita mengungkapkan bahwa, RSUP Persahabatan telah menangani 90 hingga 100 pasien Covid-19. Oleh sebab itu, bantuan itu sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan pasien yang cepat.

“Dengan ini, kami bisa melakukan pemeriksaan lansung, tanpa perlu merujuk ke rs lain. Sehingga kami bisa dengan cepat memberikan pelayanan kepada pasien,” tutup Rita.(fir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.