Berita Nasional Terpercaya

Walikota Surabaya Menangis Haru Dapat Bantuan Alkes Dari BIN

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Badan Intelejen Negara (BIN) menyalurkan bantuan ribuan alat-alat kesehatan untuk pemerintah kota Surabaya. Bantuan itu diberikan untuk mempercepat penanganan kasus Covid-19 di ibukota Jawa Timur ini.

Penyerahan bantuan Alkes ini diwakili oleh Sekretaris Utama (Sestama) BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo sebagaimana arahan dari Kepala BIN, Jenderal (Purn) Budi Gunawan. Walikota Surabaya Tri Rismaharini menerima langsung bantuan ribuan Alkes diantaranya berupa APD, Alat Rapid Test dan PCR tersebut di gedung Balaikota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/5/2020).

Ada moment menarik saat Risma menerima bantuan Alkes dari BIN tersebut. Risma tiba-tiba meneteskan air saat memberikan sambutan kepada awak media. Tetesan air mata itu menurut Risma adalah ungkapan rasa terima kasih dan bahagianya dapat bantuan Alkes yang cukup banyak dari BIN.

“Saya terima kasih banyak. Alhamdulilah, ini sangat penting untuk kami. Terima kasih pak Kepala BIN Drs Budi Gunawan, terima kasih pak Sesma (Komjen Pol Bambang Sunarwibowo). Terus terang bantuan ini sangat penting,” ucap Risma, seperti press rilis yang diterima media.

Risma menyampaikan alat-alat kesehatan yang dimiliki Pemkot Surabaya untuk melakukan pelacakan masih sangat minim dan belum canggih. Bahkan rapid test yang dimiliki Pemkot Surabaya, hasilnya dalam satu hari hanya sedikit.

“Permasalahan kenapa ini panjang karena hasil rapid saja bisa satu hari cuma 70. Padahal yang di tes banyak,” ujarnya.

Risma tiba-tiba menghela nafas sejenak. Ia menangis, mengingat perjuangan tim Covid-19 Surabaya, terutama tim medis. Bantuan dari BIN ini diyakini Risma adalah buat kesabaran dari Pemkot Surabaya untuk mengatasi kasus Covid-19 yang terus menanjak sejak beberapa pekan terakhir.

“Kami tidak menyangka, karena di saat yang sulit seperti ini, kami dimudahkan Tuhan dengan bantuan melalui BIN,” ucap Risma sambil meneteskan air mata.

Sementara itu, Sestama BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo mengatakan bantuan ini diharapkan dapat membantu Pemkot Surabaya untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Kami berharap bantuan ini dapat mengurangi beban Pemkot Surabaya dan dapat mempercepat penanganan COVID-19 di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya sebagai episentrum penyebaran virus corona di Jawa Timur,? ucap Komjen Pol Bambang Sunarwibowo.

Adapun bantuan yang diberikan oleh BIN untuk Pemkot Surabaya yaitu 2 unit Real Time PCR, 5.000 unit Test Reagent PCR, 5.000 unit Test VTM, 1 unit Laminer Airflow Cabinet, 1 unit PCR Box, 2 unit Vortex, 3 unit Mini Centrifuge My SPIN 12 Mini Centrifuge, 2 unit Refrigerator, 1 unit Freezer (-20 C), 3 unit Micropipetle Set, 2 unit Bio Safety Cabinet, 2 unit Automatice Extraction Machine, 1 unit Refrigerated Centrifuge, 1 unit Autoclave, 1 unit Thermal Mixer, 1 unit Thermal Block, 1 Oven, 1 Freezer (-80 c), Alat Pelindung Diri (APD) lengkap berisi Mask N95 sebanyak 8000 pcs, isolation Gown 8000 pcs, Protective Eyewear 8000 pcs, Latex Glove 8000 pcs, Medical Shoes Cover 8000 pasang serta 15.000 alat rapid test.

Bantuan ini rencananya akan didistribusikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini ke 20 Rumah Sakit rujukan dan 30 non rujukan di Surabaya yang menangani Pasien Covid-19.(fir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.