Berita Nasional Terpercaya

Ditemukan 4 Positif Covid-19, PMI Rapid Test Warga Ngemplak Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan rapid test di Desa Wedomartani Kecamatan Ngemplak, Sabtu (30/5). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Bidang Relawan PMI Pusat, Sasongko Tedjo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr Novita Krisnaini, menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya tracing terhadap warga di Kecamatan Ngemplak. Ia menyebutkan sebelumnya ada 4 orang di Kecamatan Ngemplak yang dinyatakan positif Covid-19. ?Harapannya hasilnya semua negatif ya,” ujarnya.

Menurut Novi pihaknya akan kembali melakukan kegiatan serupa pada tanggal 4 dan 9 Juni 2020. Kegiatan tersebut rencananya ditujukan untuk petugas rapid test yang bertugas di GOR Pangukan dan petugas pasar di Kabupaten Sleman.

Sedangkan, Ketua Bidang Relawan PMI Pusat, Sasongko, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Ia mengatakan PMI siap membantu pemerintah daerah dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19. Menurutnya ada sebanyak 5 ribu relawan PMI di seluruh Indonesia dikerahkan untuk membantu pemerintah menangani wabah Corona.

?Di sini peran PMI bukan menyelenggarakan rapid test. Itu bukan wewenang kami. Peran kami membantu dekontaminasi kepada petugas setelah melakukan rapid test,” jelasnya.

Selain ke Kabupaten Sleman, rombongan PMI pusat juga melakukan monitoring ke Kabupaten Bantul. Hadir pula pada kegiatan tersebut Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo dan Ketua PMI Sleman, Sunartono. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.