Berita Nasional Terpercaya

Gugus Tugas: Keberhasilan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 Tergantung Kedisiplinan

0

BERNAS.ID – Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengingatkan agar masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan meskipun new normal akan diterapkan di setiap daerah. 

Ia tidak ingin kerja keras pemerintah selama berbulan-bulan ini hanya menjadi sia-sia ketika new normal diterapkan. Doni pun menegaskan bahwa efektivitas kenormalan baru tergantung pada kedisplinan masyarakat. 

“Tahapan sosialiasi harus dapat dipahami dan dimengerti masyarakat, karena keberhasilan masyarakat produktif dan aman Covid-19 sangat tergantung pada kedisplinan masyarakat dan kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan,” terang Doni dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta, Senin (8/6/2020).

“Jangan sampai karena kelengahan kita, kerja keras yang sudah kita lakukan hampir tiga bulan ini menjadi sia-sia,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kepala BNPB itu menyebutkan bahwa keputusan untuk menerapkan new normal atau kenormalan baru sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah kabupaten/kota. Keputusan penerapan new normal tetap melalui koordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat.  

“Pembukaan daerah menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19 tergantung kesiapan daerah dan dukungan masyarakat serta diserahkan sepenuhnya kepada bupati atau wali kota,” katanya. 

Dengan demikian, pemda harus melakukan prakondisi sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing. Prakondisi ini mencakup sosialisasi, edukasi, serta simulasi yang melibatkan tenaga kesehatan, pakar epidemiologi, hingga pakar ekonom. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.