Berita Nasional Terpercaya

Seberapa Penting Brand untuk Kesuksesan Bisnis? Bahkan Menjadi Hal Utama dalam Berbisnis

0

Bernas.id ? Ketika sebuah bisnis mencapai titik kesuksesan, hal yang paling diingat para customer adalah brand atau merek. Begitu pentingnya brand, hingga customer lebih sering menyebut brand daripada jenis produk. Misalkan saja brand Starbucks. Orang akan menyebutnya Starbucks bukan cafe atau kedai kopi. Atau juga menyebut McDonald?s tidak dengan kedai ayam goreng, dan lain sebagainya. Kedua brand berkelas internasional tersebut telah tersebar di Indonesia. Dan hampir semua orang telah mengenalnya, meskipun belum pernah menjadi konsumen dari brand tersebut. Brand dikatakan sukses jika banyak orang yang mengenal. Hal ini tidak lepas dari strategi pemasaran serta perkembangan bisnis melalui sistem franchise.

Berikut ini beberapa poin yang menjadikan brand atau merek dagang itu penting. Sehingga ketika kita memiliki brand sendiri bisa mempertimbangkan hal berikut.

1. Brand Menjadi Indikator Bagi Konsumen

Bisa menjadi tolak ukur kepercayaan bagi konsumen. Konsumen yang berdasarkan pengalaman bisa menilai suatu brand itu layak untuk dibeli lagi atau cukup sekali dan tak akan kembali menjadi konsumen lagi. Oleh karena itu menjaga nama baik brand perlu dilakukan bagi para pelaku bisnis. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan konsumen, bisa dilakukan dengan cara mengadakan survey kepuasan konsumen terhadap produk kita, dan melihat testimoni dari pelanggan secara jujur. Hal ini bisa digunakan sebagai pembenahan jika masih ada konsumen yang belum puas dengan produk yang kita hasilkan.

2. Brand Menjadikan Citra Bisnis Semakin Meningkat

Sebuah bisnis yang memiliki nama brand yang terjaga dengan strategi branding yang baik akan membuat citra bisnis meningkat. Citra bisnis akan menguntungkan bagi pelaku bisnis, di antaranya mudah mencari mitra, investor, serta kemudahan dalam hal pemasaran. Brand yang ternama tentunya akan mudah dalam hal pemasaran dibanding brand yang belum diketahui kualitasnya atau belum memiliki citra.

3. Brand Terpercaya Memberi Peluang Munculnya Bisnis dengan Varietas Baru

Seorang pengusaha harus terus berinovasi untuk memunculkan peluang atau ide-ide baru. Ketika sebuah bisnis memiliki brand yangsudah dipercaya para konsumen, maka akan mempermudah pemasaran varietas baru. Seperti halnya Mcdonald?s selalu menghadirkan menu-menu baru untuk memperbanyak opsi atau pilihan menu. Setiap menu baru launching, tidak butuh usaha keras dalam hal pemasaran. Brand yang terpercaya, membuat menu baru tetap diserbu para konsumen.

Itulah sebabnya brand menjadi hal utama, selain kualitas produk dan SDM-nya. Oleh karena brand ternama lebih meyakinkan dan terpercaya, banyak pengusaha yang mengambil jalan alternatif yaitu dengan sistem franchise. Sistem franchise pun memiliki kelebihan serta kelemahan yang harus diketahui para pengusaha sebelum terjun ke bisnis bermodal brand ternama. Jika mampu menciptakan brand sendiri, alangkah baiknya menjadikan brand sendiri tersebut bisa dipercaya oleh konsumen. Hal ini berkaitan dengan personal branding yang harus dimiliki oleh pelaku usaha. Kuasai dulu personal branding untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga bisnis pun berjaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.