Berita Nasional Terpercaya

Stasiun Geofisika Kelas I Sleman Pasang Alat Canggih Pemantau Gempa Bumi Karya Bangsa

0

SLEMAN, BERNAS.ID- BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), Stasiun Geofisika Kelas I Sleman Yogyakarta mulai melaksanakan instalasi Perangkat Diseminasi Info Gempa WRSnG (Warning Receiver System New Generation), Kamis 11 Juni 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Sleman, Agus Riyanto mengatakan peralatan baru tersebut merupakan karya anak bangsa. “Ini hasil inovasi anak bangsa generasi milenial BMKG, didukung keberanian melangkah dan memutuskan informasi BMKG yang cepat,” jelasnya.

“Alat ini secara realtime meskipun epic atau pusat gempa dan magnitudo belum stabil di menit-menit awal, tapi di 1-2 menit pertama dan pada akhirnya di menit ke 4-5, data yang diperoleh sudah bisa dijadikan info resmi,” imbuhnya.

Nantinya, data informasi tersebut, menurut Agus sudah bisa digunakan oleh stakeholder untuk menyiarkannya secara langsung atau realtime sehingga stakeholder seperti BPBD dapat segera mengambil langkah-langkah mitigasi. “Langkah terobosan dengan peralatan baru ini akan bisa menjawab tantangan BMKG untuk memberikan informasi yg cepat, tepat, akurat, luas jangkauannya dan mudah dipahami,” ucapnya.

Untuk tahun 2020 ini, Agus menyebut peralatan tersebut sudah terpasang di Stasiun Geofisika Kelas I Sleman Yogya, BPBD Bantul, kantor SAR dan Bandara YIA. “Hari ini terpasang di RRI, TVRI, BPBD Sleman dan Gunungkidul. Semoga upaya kita semua mendapat ridho dan dpt memberikan yg terbaik bagi bangsa dan negara khususnya masyarakat DIY,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.