Berita Nasional Terpercaya

Jangan Pasrah, Lakukan 5 Hal Ini Ketika IPK Kamu di Bawah Rata-Rata

0

Bernas.id ? Mendapat Indeks Prestasi (IP)  rendah hampir di setiap semester itu bukan kutukan, lho. Jika kamu merasa sudah mati-matian belajar tapi IP kok enggak standar berati masih ada yang belum kamu usahakan dengan optimal.

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi seperti kesibukanmu berorganisasi, kurang bisa menngatur waktu,  kurang belajar, hingga salah jurusan. Ada 5 hal yang bisa dicoba untuk meningkatkan IPK kamu.

1. Jangan Malu Tanya Teman

Jangan enggan menanyakan materi yang belum kamu pahami ke teman yang lebih pandai. Kesulitan memahami materi-materi yang sedang dipelajari di kelas adalah hal yang biasa dialami oleh mahasiswa. Mulailah untuk berdiskusi dengan teman kamu mengenai materi-materi sebelumnya yang kamu rasa belum paham. Semakin banyak teman yang kamu ajak diskusi, semakin baik. Setidaknya hal ini dapat membantu mengejar ketertinggalan materi sebelumnya. 

2. Evaluasi Kebiasaan Belajarmu

Kamu adalah mahasiswa yang tentunya sudah bisa memutuskan apa yang baik untukmu, termasuk dalam hal belajar. Setiap orang memiliki gaya dan kebiasaan belajar masing-masing dan pengaruhnya bisa berbeda juga antara orang yang satu dengan yang lain. Contohnya, temanmu senang belajar sambil mendengarkan musik sedangkan kamu malah pusing saat jika belajar ada musik. Hal paling mendasar yang harus kamu tanyakan terhadap diri sendiri ketika IPK kamu rendah adalah apakah kamu sudah belajar sesuai dengan dirimu atau tidak.

 Banyak mahasiswa yang merasa sudah belajar namun seringkali tidak berkonsentrasi. Akibatnya, materi yang dipelajari tidak masuk ke otak. Sebaiknya, hindari belajar dengan terlalu sering memegang handphone, menonton TV, dan kebiasaan lainnya. Pastikan kamu berkonsentrasi dan tidak ada yang mengganggu ketika kamu belajar.

3. Buang Aktivitas yang Mengganggu Waktu Kuliahmu

Banyak mahasiswa yang mengorbankan waktu kuliahnya untuk berbagai hal yang kurang prioritas. Kegiatan organisasi, kepanitiaan, nongkrong, atau pun aktivitas lainnya bukan sama sekali tidak boleh kamu lakukan tapi kamu harus paham urutan prioritasnya. Tugas mahasiswa adalah kuliah dan belajar sehingga aktivitas lainnya haruslah ditempatkan di abwah 2 prioritas penting itu.

Selain itu, jika kuliah, belajar, dan mengerjakan tugas sudah tuntas kamu lakukan, istirahat juga sebaiknya kamu jadikan prioritas daripada nongkron atau begadang. Fisik yang sehat memungkinkan kamu untuk menyerap ilmu dengan lebih baik.  

4. Berdiskusi dengan Dosen

Selain bertanya pada teman, tak ada salahnya untuk mencoba menanyakan langsung pada dosen jika ada materi yang kamu belum paham. Kebanyakan dosen justru merasa senang dan terbuka jika ada mahasiswa yang ingin bertanya. Selain itu, dosen akan membantumu mengerti sejauh mana kemampuan kamu dalam memahami suatu materi. Jangan lupa untuk bersikap sopan dalam menanyakan suatu hal. Pastikan kamu belajar terlebih dahulu sebelum berdiskusi agar kamu punya bekal pengetahuan dan tidak sama sekali kosong.

5. Kerjakan Tugas dengan Serius

Dalam satu semester dosen akan memberikan beberapa kali tugas yang memiliki bobot nilai masing-masing. Kamu tidak akan pernah tahu nilai tugasmu yang mana yang akan mendongkrak atau malah menjatuhkan nilai hasil akhirmu. Oleh karena itu, penting untuk mengerjakan semua tugas dengan serius. Anggap setiap tugas adalah tuga final sehingga harus

Mencontek teman, mengerjakan tidak sesuai ketentuan, atau pun sekedar copy-paste dari internet harus kamu hindari. Cobalah untuk sungguh-sungguh mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan. Selain meningkatkan pemahaman kamu, pastinya kamu juga mendapatkan nilai maksimal. 

Mengejar ketertinggalan IPK memang bukan merupakan hal mudah dan belum tentu berhasil dengan satu semester saja. Namun, tidak ada yang tak mungkin asalkan kamu menghargai setiap proses. Berusahalah lebih keras agar kamu dapat menaikkan hasil IPK mu.

Saat ini telah hadir perguruan tinggi yang sangat support terhadap kemampuan akademis dan softskill mahasiswanya yaitu Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta.

UNMAHA terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA. Klik info lengkapnya di: https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha .(sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.