Berita Nasional Terpercaya

Cara Mudah Gaet Investor Guna Bangun Startup, Calon Entrepreneur Terapkan Cara Jitu Berikut!

0

Bernas.id ? Setiap orang boleh bermimpi menjadi pengusaha. Jika mampu menciptakan ide usaha serta prospek perkembangannya, hal yang tak kalah pentingnya adalah modal untuk memulai usaha. Untuk memulai sebuah startup tentu dibutuhkan modal yang cukup besar. dan kebanyakan para pengusaha pemula belum memiliki keberanian untuk menjadi investor di usahanya sendiri. Ketakutan akan tidak berkembangnya bisnis yang hendak dirintis menjadi penyebab utama, selain memang tidak memiliki modal sendiri. Alternatif yang bisa dilakukan selain meminjam uang ke bank, yang tentunya dengan bunga sekian persen dan persyaratan yang sedikit menyusahkan, yaitu dengan menggaet investor untuk memberikan modal awal di bisnis yang akan kita jalankan.

Seorang investor yang berani menanamkan modal usaha, biasanya mereka yang memiliki tingkat finansial yang besar. Karena jika bisnis yang akan ditanam modal tersebut tidak berkembang, konsekuensinya modal juga hilang. Oleh karena itu, investor sangat selektif dalam mencari partner guna memprediksi perkembangan bisnis yang diajukan. Berikut langkah-langkah mencari investor agar ide bisnis terealisasikan:

Ajukan Proposal yang Menarik

Proposal merupakan jembatan yang menghubungkan calon pengusaha dengan calon investor. Proposal berisikan gambaran keseluruhan bisnis, mulai dari visi, misi, manajemen perusahaan, prospek, serta pemasaran. Investor hanya melihat proposal untuk menerima atau menolak kerjasama dengan sebuah perusahaan. Bisa dikatakan proposal sebagai penentu untuk mendapatkan investor atau tidak. Oleh karenanya buatlah proposal yang menarik agar calon investor bersedia bekerjasama dan memberikan modal.

Presentasi yang Meyakinkan

Bukan hanya proposal yang menjadi penentu investor bersedia atau tidaknya. Presentasi yang menyakinkan berpeluang lebih besar untuk mendapatkan investor. Kita harus mempelajari terlebih dulu pengetahuan tentang cara presentasi yang baik. Jangan lupa sertakan personal branding yang kita miliki, untuk menyakinkan calon investor. Alangkah baiknya membangun personal branding terlebih dulu, untuk memaksimalkan bisnis yang hendak kita rintis.

Menjelaskan Kemungkinan Risiko dalam Bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki risiko dalam perkembangannya. Ketika mencari investor, jelaskan kemungkinan risiko yang terjadi di bisnis kita. Jangan sembunyikan jika ingin investor menambahkan modal usaha. Investor pastinya ingin mengetahui hambatan yang mungkin terjadi dalam bisnis yang akan diajak kerjasama. Oleh karena itu, bagi calon pengusaha harus siap dengan penyelesaian jika terjadi sebuah hambatan dalam berbisnis. Hal ini juga akan mempengaruhi pemikiran investor untuk kesediannya menanam modal.

Membuat Strategi Usaha

Strategi usaha adalah sebuah tindakan atau strategi yang dilakukan oleh perusahaan guna mengembangkan usahanya. Investor biasanya akan menanyakan kepada calon klien-nya mengenai strategi usaha yang akan diterapkan dalam bisnis tersebut. Strategi usaha juga mencerminkan prospek usaha yang besar nantinya. Maka dari itu, susunlah strategi yang tepat untuk bisnis yang akan kita rintis untuk lebih membuat calon investor bersedia menanamkan modalnya pada bisnis kita.

Menyusun Laporan Neraca

Investor yang telah bersedia tanam modal, tentunya memiliki harapan mendapatkan profit dari usaha tersebut. Investor akan mempertimbangkan kerugian yang akan didapat dengan keuntungannya. Oleh sebab itu, calon pengusaha harus menyusun laporan neraca dengan rapi dengan perhitungan kas, utang, aktiva lancar, aktiva tetap secara terpisah dan detail.

Leave A Reply

Your email address will not be published.