Berita Nasional Terpercaya

Booming Frozen Food, Siasati Pengirimannya dengan Ice Pack Homemade agar Aman Sampai Tujuan

0

Bernas.id – Konsumsi olahan produk-produk beku atau frozen food sedang booming saat ini. Meningkat signifikan seiring penerapan stay at home di tengah wabah Covid-19. Malas ribet. Sebuah alasan yang dikemukan oleh Dwi, seorang ibu rumah tangga saat membeli olahan frozen food di minimarket berupa bakso dan nugget.

Dalam laman Wikipedia, disebutkan bahwa frozen food adalah jenis makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Untuk saat ini usaha frozen food sangat menggiurkan, selain karena orang-orang malas ke luar rumah juga karena frozen food ini dirasa lebih mudah dan praktis.

Jenis Frozen Food

Makanan apa yang termasuk frozen food? Jika kita lihat pasar, frozen food atau yang dikenal dengan istilah makanan beku sudah mulai banyak bermunculan di masyarakat. Pelaku UMKM banyak beralih ke dunia kuliner agar tetap bisa survive. Frozen food alternatif yang tepat. Produk ini berupa makanan, antara lain:

  1. Olahan lauk pauk (misal nugget, ayam ungkep, sosis, tempura, ayam bumbu bali ungkep, bebek libur, dan lain-lain) 
  2. Jajanan, mulai dari bakso, siomay, bakpao, frozen donut, dan banyak0lagi yang lain.

Sesuai dengan pengertiannya, frozen food memerlukan suhu rendah dalam penyimpanannya. Frezeer box merupakan syarat wajib bagi mereka yang ingin terjun ke dalamnya. Pun demikian saat pengirimannya ke pelanggan. Membutuhkan wadah dengan suhu rendah dan luas sehingga relatif stabil agar produk tidak rusak.

“Senang. Tapi ya itu, masih terkedala dengan pengiriman.”

Gampang-gampang susah memang dalam pengiriman frozen food. Salah satu cara yang bisa dilakulan adalah membuat Ice pack yang dapat diletakkan dalam box pengiriman. Asyiknya lagi, kita bisa membuat sendiri ice pack dari rumah.

Baca juga: Cara Menyimpan Durian yang Benar

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan ice pack dari rumah

  • Campur satu kilogram tepung kanji/aci/sagu dengan 5% garam halus. Aduk rata dengan 4-6 liter air hingga menjadi bubur dan mengental.
  • Angkat lalu tambah dengan cuka kurang lebih 250 mililiter.
  • Tunggu agar dingin lalu kemas dalam plastik-platik PE.
  • Simpan dalam lemari es di bagian frezer, tunggu hingga beku. 
  • Setelah beku ice pack pun siap digunakan. 

Saat pengiriman barang cukup masukkan ice pack setidaknya 25% dari total berat agar frozen food tetap beku dan aman.

Tertarik dengan dunia frozen food? Tidak tahu harus mencari suplier kemana? Saat ini, #ViralTeam telah bekerja sama denga Frozen Donatku untuk menyebarluarkan dan mengenalkan produk  fozen donat asli ini. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.