Berita Nasional Terpercaya

Sekolah di Zona Hijau Boleh Lakukan Pembelajaran Tatap Muka, Ini Syaratnya

0

BERNAS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan tahun ajaran baru 2020/2021 tetap akan dimulai Juli 2020. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan tak sedikit yang dikorbankan saat berlangsung proses belajar daring atau sekolah dari rumah. 

Kendati demikian, Kemendikbud tetap mengutamakan kesehatan para siswa maupun warga sekolah. Kemendikbud izinkan pembukaan sekolah dengan proses belajar mengajar tatap muka di wilayah hijau.  

“Untuk daerah dengan zona kuning, oranye, dan merah, itu dilarang untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka,” ungkap Nadiem dikutip dari siaran langsung YouTube Kemendikbud RI, Senin (15/6/2020).

“Yang di zona hijau, kami mempersilakan pemerintah daerah melakukan pembelajaran tatap muka,” sambungnya.

Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi supaya diizinkan pembelajaran tatap muka antara lain, sekolah berada di kabupaten/kota zona hijau, ada persetujuan dari pemerintah daerah, sekolah harus memenuhi daftar periksa dan siap pembelajaran tatap muka. Selain itu, orang tua murid setuju pembelajaran tatap muka. 

Tahap pertama nanti sekolah yang diizinkan melangsung pembelajaran tatap muka adalah SMA/SMK dan SMP. Tahap berikutnya, SD tetapi menunggu dua bulan setelah dibukanya tahap pertama. Sedangkan, tahap ketiga untuk PAUD dan sekolah non-formal lainnya boleh dibuka 2 bulan setelah tahap kedua dibuka. Aktivitas berkerumun di sekolah tetap tidak diperbolehkan seperti di kantin ataupun olahraga.  

“Sekolah yang melalui masa transisi, hanya boleh dilakukan 50 persen (murid) dalam satu kelas untuk pendidikan dasar dan menengah,” katanya.

Kemendikbud memberikan lampu hijau jika dana bos, BOP PAUD, dan Kesetaraan di masa pandemi Covid-19 bisa digunakan untuk mendukung kesiapan satuan pendidikan. Sementara itu, Kementerian Kesehatan mendukung berjalannya proses belajar mengajar di sekolah asalkan menjalan protokol kesehatan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.