Berita Nasional Terpercaya

Frozen Food, Bisnis Menjanjikan di Tengah Pandemi. Ibu Rumah Tangga pun Bisa Menjalankan Bisnis Ini!

0

Bernas.id – Pandemi Covid-19 yang menghentikan roda ekonomi di beberapa sektor pekerjaan, meningkatkan angka pengangguran di tanah air. Mereka yang kehilangan pekerjaan atau diberhentikan sementara harus mencari peluang pekerjaan yang memungkinkan bisa dijalankan di rumah saja. Oleh sebab itu bisnis digital menjadi bisnis yang diburu oleh masyarakat, karena untuk menjalankannya cukup menggunakan gadget di mana pun berada. Kemudahan menjalankan bisnis online tak lepas dari kecanggihan di era digital yang telah merambah hingga ke pelosok desa di seluruh Indonesia.

Berbagai terobosan bisnis online pun menjadi berkembang pesat. Bermacam-macam produk dipasarkan secara online, mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, bahkan kebutuhan tersier. Salah satunya frozen food. Frozen food atau makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Pembekuan akan memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air yang tersisa menjadi es dan menghambat pertumbuhan sebagian besar spesias bakteri.

Pada dasarnya ada dua jenis pembekuan makanan, yaitu secara mekanik dan secara kriogenik (flash freezing). Kinetika pembekuan berperan penting dalam menentukan kualitas makanan yang dibekukan. Pembekuan yang cepat menyebabkan partikel air di dalam makanan yang membeku membentuk partikel es berukuran kecil. Pembekuan yang lambat cenderung menghasilkan partikel es berukuran besar sehingga merusak tekstur bagian dalam makanan. Mengawetkan makanan di dapur saat ini menggunakan freezer. Ketersediaan alat pembeku inilah yang menjadikan ibu rumah tangga berbisnis frozen food untuk menyimpan produknya.

Frozen food adalah olahan makanan setangah matang yang dikemas dan dibekukan untuk diolah kembali dengan cara yang praktis dan efektif. Frozen food saat ini tidak hanya berbahan baku dari daging sapi dan daging ayam, seperti sosis dan nugget. Kini juga banyak yang berbahan dasar ikan laut, seperti sosis ikan, nugget ikan, tempura, risol ikan, samosa tuna, dan lain sebagainya. Bahkan sekarang ini telah hadir donat beku yang juga dikemas secara beku di dalam freezer. Banyaknya minat di makanan yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini membuat peluang usaha donat beku berkembang pesat.

Donatku, donat kentang beku yang diproduksi oleh Bernas Group segera didistribusikan ke seluruh Indonesia. Rasa khas donat kentang ini tidak akan hilang hanya karena dibekukan. Donatku bisa bertahan di dalam freezer selama tiga bulan. Penyajiannya cukup simple, dengan cara mendiamkan di suhu ruangan, lalu menggorengnya. Donat kentang goreng siap disajikan. Kelebihan donat kentang dibanding dengan donat yang hanya dari tepung dengan tambahan bahan lainnya adalah lebih lembut dan tahan lama. Selain lembut, rasa khas kentang akan terasa di setiap gigitan donat kentang.

Frozen food menjadi pilihan masyarakat di kota, tetapi juga berpeluang bisa berkembang di desa. Tidak adanya keahlian membuat olahan frozen food menjadikan produk ini diserbu, apalagi buat para ibu rumah tangga. Makanan yang disukai anak kecil ini biasanya selalu tersedia di freezer rumah tangga. Tangkap peluang ini untuk berbisnis frozen food, termasuk Donatku yang tergabung dalam program pendidikan bisnis Bernas. Karena selain mendapat fee dari penjualan Donatku, akan ada kesempatan mendapat poin dan komisi dari Bernas Group.

Leave A Reply

Your email address will not be published.