Berita Nasional Terpercaya

Tren Cenderung Turun, Sebaiknya Hindari 5 Bisnis Berikut Ini

0

Bernas.id ? Setiap bisnis pasti ada tren-nya, ada masanya, kapan berada di puncak kejayaan, kapan tren-nya menurun, bahkan kemudian tidak diminati sama sekali. Perkembangan zaman dan teknologi berperan dalam turun atau naiknya sebuah tren bisnis.

Selain itu, perkembangan informasi dan internet juga bisa menggeser bisnis yang tadinya digemari jadi sepi pelanggan karena sudah ada pilihan lain yang lebih baik.

Seperti dilansir dari bisnis.com, berikut ini adalah 5 bisnis yang sebaiknya dihindari karena tren-nya cenderung turun.

1. Toko Komputer

Bukan berarti toko komputer yang ada sekarang sama sekali tidak laku atau gulung tikar. Tapi, jika kamu baru akan terjuan ke bisnis ini sebaiknya kamu pikirkan kembali karena saat ini toko peralatan komputer cenderung stagnan.

Toko komputer biasanya juga ada perbaikan atau layanan servis komputer, termasuk perbaikan, penghapusan virus, dukungan teknis di tempat, dll. Layanan komputer itu juga menjadi sumber pemasukan utama untuk kebanyakan toko komputer kecil.

Namun, saat ini bisnis toko komputer sudah terlalu banyak menghadapi persaingan. Selain itu, penjualan barang eletronik di marketplace juga mulai dijadikan pilihan.

2. Toko Peralatan Hewan Peliharaan/Petshop

Untuk baru masuk atau memulai bisnis toko makanan hewan peliharaan dan peralatannya tidak terlalu bagus prospeknya. Mungkin jika toko tersebut jadi satu dengan praktik klinik dokter hewan masih ada potensi yang bisa diharapakan.

Selain itu, banyak ritel atau supermarket yang sudah menyediakan kebutuhan hewan peliharaan. Jangan lupa, belanja online juga masih lebih diminati.

3. Agen Perjalanan

Dulu ketika orang akan bepergian atau berwisata, ia membutuhkan agen perjalanan untuk mengurus segala sesuatunya, termasuk infomasi menganai akomodasi di tempat tujuan. Adanya internet membawa dampak tersendiri terhadap bisnis ini.

Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memesan hotel, tiket, dan transportasi di tempat tujuan. Hal ini membuat agen tiket atau agen perjalana konvensional menjadi lesu pelanggan karena semua sudah bisa dipesan oleh siapapun yang akan melakukan perjalanan.

Saat ini yang masih mempunyai peluang adalah untuk layanan perjalanan di seperti kapal pesiar atau paket perjalanan kelas atas. Ada juga peluang dalam bisnis panduan perjalanan yang dirangkap dengan seminar, gathering, atau dalam tujuan perjalanan tertentu.

4. Perbaikan Alat / Elektronik Bengkel

Di masa dulu orang sangat suka memperbaiki peralatan elektronik seperti lemari es, kompor, mesin cuci, mesin pengering, dan peralatan lainnya. Alat-alat tersebut masih bisa digunakan dengan diperbaiki dulu dan masih punya usia pakai yang cukup panjang. Sangat berbeda dengan sekarang jika ada alat elektronik rusak cenderung akan membeli baru karena biaya untuk memperbaiki hampir sama dengan beli baru.

Selain itu, berbagai alat eletronik sekarang umur pakainya tidak lebih dari 10 tahun. Memang, harga lebih murah dan pilihan sangat bervariasi sehingga ketika rusak tidak pikir panjang lebih baik beli daripada memperbaiki.

5. Toko Pakaian

Toko pakaian atau departemen store sangat menjamur di tahun 90an. Dis etiap pusat perbelanjaan, toko pakaian selalu diserbu pembeli. Lambat laun, masyarakat kenal dengan butik online, distro, atau baju import yang dijual secara online yang harganya terjangkau, model lebih kekinian, dan banyak tawaran diskon. Tentu toko pakaian kecil kalah saiangan dengan onlinse shop tadi.

Jika kamu memang ingin terjun ke bisnis fashion dengan menjual pakaian maka fokuslah pada desain yang custom dan limited edition. Bangunlah branding atau merk bisnis kamu. Gunakan kekuatan sosial media untuk melakukan promosi. Gerai butik hanya sebagai display saja tapi penjualan gencar dilakukan secara online.

Turunnya beberapa tren bisni karena tidak mampu bertahan dengan kemajuan teknologi informasi seperti internet dan dunia digital. saat ini, semua dilakukan serba digital termasuk dalam hal belanja. Pelaku bisnis harus mampu beradaptasi dan mengubag bisnisnya jadi ramah digital.

Jika kamu ingin belajar tentang strategi mendapatkan uang lewat digital marketing kamu bisa belajar di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing . Di situ kamu akan dilatih untuk meningkatkan income hingga belasan juta rupiah. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.