Berita Nasional Terpercaya

Belum Zona Hijau, Jogja Masih Melaksanakan KBM secara Online

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID-Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim masih belum bisa diterapkan karena  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menjadi zona hijau. Ke depannya, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah masih belum bisa menggunakan metode tatap muka.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY akan masih menerapkan sistem daring atau online. ?Melihat aturan Pak Nadiem, kita tidak masuk. Kan hanya 6% di Indonesia yang zona hijau. Kalau kementrian saja bilang tidak, ya kita jangan memaksakan dan sejak awal kita memang belum akan melakukan itu,? jelasnya usai melakukan Rakor TAPD, Selasa (16/06) di Bangsal Kepatihan, kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Lanjut tambahnya, untuk kegiatan pembelajaran dengan tatap muka di sekolah masih harus melewati serangakian proses yang tidak instan dan harus dipersiapkan matang-matang. Memang menurut Aji sistem pembelajaran tatap muka jauh lebih efektif, tapi bukan berarti sistem daring tidak memiliki keunggulan dan tidak layak diterapkan.

?Jadi memang daring itu tidak seefektif pada saat tatap muka, tapi sekarang ini arahnya adalah bagaimana belajar daring tapi tetap efektif. Tapi sekarang dinas pendidikan baik provinsi maupun kabupaten fokus pada bagaimana pembelajaran online bisa efektif. Pak Gubernur sudah membuat kebijakan terkait itu,? ungkap Aji.

Apabila sistem pembelajaran melalui daring sudah biasa dilakukan, pastinya efektifitasnya jauh lebih baik daripada tatap muka. Jika ditanya mengenai kejenuhan pada para pelajar, Aji mengungkapkan hal itu adalah biasa terjadi. Namun, saat ini semua pihak harus memiliki empati terhadap kondisi yang sedang terjaid, termasuk para pelajar yang juga harus bisa berempati dengan tetap semangat belajar meskipun secara daring.

?Saya kira kita maksimalkan dulu metode yang sekarang. Karena untuk tatap muka kan kita masih jadikan sebagai alternatif terakhir. Lagipula kita tidak mau terburu-buru agar tidak membahayakan anak-anak,? tutup Aji. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.