JAKARTA, HarianBernas.com - Sosok berkharisma dan mampu menunjukkan kemampuannya sebagai pengusaha bertalenta mungkin itulah yang akan kita lihat dari seorang Robert Budi Hartono. Bagi anda yang belum tahu siapakah sosok beliau, mungkin anda bakal terkejut bahwa Ia telah menjadi salah satu tokoh bisnis nasional yang namanya telah tercatat di daftar orang dengan kekayaan terbesar versi majalah Forbes.

Dalam halaman web resmi situs Forbes tersebut terpampang dengan jelas bahwa ia adalah miliuner terkaya nomor 131 versi Forbes. Dan bagaimana di Indonesia? Pria berusia 72 tahun tersebut telah mantab berada di posisi orang terkaya di negeri ini selama hampir beberapa tahun.

Hingga tahun ini kekayaan Robert Budi Hartono yang tercatat pada bulan maret 2013 adalah 8,5 miliar dolar atau setara dengan 100 triliun rupiah. Angka yang mungkin bagi sebagian orang hanya ada dalam mimpi. Dan yang pasti jumlah kekayaan yang sangat besar tersebut didapatnya dengan jerih payah serta usaha tinggi sebagai seorang pebisnis sukses di Indonesia. Berikut sedikit kisah yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Lahir dengan nama asli Oei Hwie Tjhong pada 28 April 1940 di salah satu daerah tepi kota kudus, ialah pria yang bernama Robert Budi Hartono. Perjalanan karir dirinya bermula ketika Ia mendapat warisan dari ayahnya yang seorang pengusaha rokok. Pada saat itu ia yang masih berusia 22 tahun mendapatkan sebuah tantangan besar untuk memegang sebuah pabrik rokok bernama Djarum Gramophon yang kini lebih dikenal sebagai pabrik rokok terbesar di Indonesia, Djarum.

Tahun pertama menjalani usaha warisan tersebut ternyata bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Perusahaan warisan yang diberikan ayah kandungnya tersebut tidak sedang dalam keadaan yang baik. Pabrik Djarum Gramophon baru saja mengalami kebakaran hebat yang hampir menghanguskan semua asset perusahaan. Keadaan dimana banyak orang pasti akan menyerah menghadapinya.

Namun tidak demikian dengan Budi dan kakaknya, mereka berdua yakin bahwa Djarum masih bisa dihidupkan lagi. Dan dengan usahanya mencari talangan dana dan inovasi bisnis yang cermat, akhirnya perlahan namun pasti, pabrik yang hampir “jatuh” itu pun bangkit dan lambat laun menjelma menjadi salah satu perusahaan tersukses yang ada di Indonesia. Bahkan kini produk rokok Djarum tidak hanya merajai pasar lokal namun telah merambah ke pasar Internasinal. Pencapaian itu merupakan pencapaian besar yang Ia dapatkan bersama dengan kakaknya.

Salah satu semangat yang kini menjadikan Ia orang terkaya di Indonesia dan juga sebagai salah satu profil tokoh besar dunia bisnis versi Wikipedia adalah semangat ekspansi bisnis nya yang tak pernah henti. Dengan semangat tersebut aliran pundi kekayaan kerajaan bisnis nya kini makin mantab dan hampir tidak tergoyahkan. Benar-benar semangat yang harus di contoh oleh generasi muda. Tidak takut bergerak dan terbang lebih tinggi.

Tak berhenti dalam sektor-sektor tersebut, kesuksesan di bidang lain seperti agrobisnis, elektronik dan bisnis internet ditunjukan Djarum dengan sederet cabang perusahaan yang bernama Djarum Group.

Menjadi yang nomor satu di Indonesia seperti Ia mungkin masih jauh dari bayangan kebanyakan orang. Tapi yakin, banyak sekali hal positif yang bisa anda pelajari dari diri seorang Robert Budi Hartono, paling tidak untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi dengan semangat bisnis yang tidak pernah padam.

 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan Diskon 60 Juta di Sedayu Bantul

Rumah Cantik 300 Jutaan - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Mewah di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Tipe 58 Cantik di Jogja Diskon 70 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara NYIA

Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up