Berita Nasional Terpercaya

Semua Biaya Penanganan Medis Pasien COVID-19 di Kota Jogja Ditanggung Pemkot

0

YOGYA, BERNAS.ID– Pemerintah Kota Yogyakarta memastikan akan menanggung keseluruhan biaya penanganan medis pasien COVID-19. Dengan demikian pasien tidak perlu mengkhawatirkan pembayarannya.

“Biaya akan di-cover(ditanggung) oleh pemerintah. Masyarakat tidak perlu memikirkan biayanya. Insyaallah kami sudah komunikasikan hal ini dengan rumah sakit untuk tidak menarik biaya,” jelas Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tri Mardoyo, Kamis (18/6/2020).

Tri menyampaikan penjelasan itu karena ada beberapa pasien COVID-19 yang belum juga sembuh meski sudah menjalani perawatan selama sekitar dua bulan. Biaya perawatan pasien COVID-19 di Yogyakarta akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, atau Kementerian Kesehatan.

Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki pos anggaran jaminan kesehatan daerah (jamkesda) yang bisa digunakan sebagai cadangan untuk pembiayaan pasien COVID-19.

Hingga Rabu (17/6) pukul 16.00 WIB, jumlah pasien positif COVID-19 di Yogyakarta yang masih menjalani perawatan sebanyak sembilan orang dan selain itu ada 13 pasien dalam pengawasan (PDP) yang kondisinya masih dipantau.

“Jika hasil uji swab belum menunjukkan hasil negatif, maka pasien tetap harus menjalani perawatan di rumah sakit. Kami berusaha menguatkan pasien untuk memahami kondisinya sehingga tidak berpotensi menularkan ke warga lain,” jelas Tri. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.