Berita Nasional Terpercaya

Agar Skripsi Lancar dan Minim Revisi, Ini 6 Cara Hadapi Dosen Pembimbing

0

Bernas.id – Menyusun skripsi tidak seperti kuliah meskipun skripsi masuk dalam KRS atau Kartu Rencana Studi. Skripsi tidak ada jadwal rutin seperti kuliah. Mahasiswa dituntut membuat jadwal sendiri, kapan mengerjakan, kapan bimbingan, kapan revisi, hingga pada akhirnya ujian sidang skripsi.

Keberadaan dosen pembimbing skripsi sangat membantumu. Agar bimbingan skripsimu lancar, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Ketahui Jadwal Dosen Pembimbing

Kenali dan ketahui jadwal dan kegiatan dosen pembimbingmu. Jadwal mengajar dosen bisa kamu jadikan patokan hari dan pukul berapa saja dosen ada di kampus sehingga kamu tahu kapan bisa bimbingan skripsi.

Selain mengajar, dosen biasanya juga memiliki tugas-tugas lain, misalnya sebagai kaprodi atau kepala pusat studi tertentu. Ketahuilah lokasi gedung dan ruangan dosenmu agar kamu mudah mencarinya.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

2. Jangan Datang dengan Tangan dan Kepala Kosong Saat Bimbingan

Siapkan materi dan pertanyaan saat akan menghadap dosen pembimbing. Jangan menghadap dosen pembimbing skripsi dengan tangan kosong atau otak kosong. Persiapkan materi yang ingin kamu bahas atau pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu ajukan. Jika kamu belum membawa draft hasil pekerjaanmu paling tidak kamu membawa catatan yang berisi kerangka tulisan yang ingin kamu konsultasikan. Persiapkan juga buku-buku yang di dalamnya ada teori-teori yang kamu belum mengerti untuk kamu tanyakan.

Baca juga: Interpretasi: Pengertian, Tujuan, dan Macam-macamnya

3. Bimbingan Skripsi di Rumah Dosen

Ada beberapa dosen yang membolehkan mahasiswanya untuk bimbingan skripsi di rumahnya. Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu alamat dosenmu. Sudah diberi kemudahan untuk bisa bimbingan di rumah maka kamu harus lebih serius dan menggunakan kesempatan tersebut dengan baik. Jangan lupa untuk ingat waktu juga, jangan sampai dosen merasa terganggu karena kamu begitu lama bimbingan di rumahnya. Oleh karena itu, trik no. 2 tadi bisa kamu aplikasikan.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

4. Selalu Jaga Etika dan Kesopanan

Berinteraksi dengan dosen pembimbing memang bisa membuat kamu jadi punya hubungan cukup dekat. Meskipun demikian, etika dan kesopanan tetap harus dijaga. Kamu bisa tetap bertutur kata sopan jika mengajukan keberatan atau menjelaskan alasan kamu memilih judul atau teori dalam skrispimu.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

5. Bimbingan Skripsi dengan Memanfaatkan Teknologi

Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan termasuk dalam bimbingan skripsi. Komunikasikan dengan dosenmu apakah memungkinkan melakukan bimbingan jarak jauh, terlebih saat dosen memiliki jam terbang tinggi sering ke luar kota bahkan ke luar negeri. Banyak aplikasi yang bisa digunakan, seperti Zoom, Skype, dan lain sebagainya. Draft skripsi bisa kamu kirimkan dulu via email.

Baca juga: Kaidah Penulisan Huruf Miring dan Tujuan Penggunaannya

6.Tetap Fokus dan Terima Masukan, Kritik, Revisi dengan Lapang Dada

Masukan, saran, revisi dan kritik dari dosen pembimbing saat proses bimbingan skripsi sikapilah dengan kepala dingin. Segala arahan dari dosen pembimbing adalah untuk kebaikanmu, sudah bagian dari tugasnya untuk membimbingmu. Jangan terbawa emosi, sakit hati, bahkan dendam atas kritikan yang diberikan. Justru jadikan itu sebagai lecutan untuk memperbaiki skripsimu.(snt)

Baca juga: Bagaimana Cara Menulis Sitasi yang Benar? Begini Cara Penulisannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.