Berita Nasional Terpercaya

Mahasiswa Tingkat Akhir, Kamu Tetap Bisa Lanjut Skripsi di Tengah Pandemi, Ini Caranya!

0

Bernas.id ? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim sudah mengumumkan bahwa untuk tingkat pendidikan tinggi, pembelajaran masih akan dilaksanakan secara daring. Hal ini menimbulkan kelegaan sekaligus kekhawatiran. Lega karena mahasiswa rantau yang kembali ke kampung halaman masing-masing tidak perlu kembali ke kampus dulu. Hal itu berarti upaya penyebaran virus corona sudah dicegah.

Namun, kekhawatiran muncul untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang atau akan menyusun skripsi. Tentu, mereka tidak ingin kelulusan mereka tertunda karena skripsi tidak bisa selesai karena tidak bisa bimbingan, melakukan penelitian, mengambil data, dan lain sebagainya.

Jangan panik dulu. Terkait dengan kebijakan tentang tugas akhir (skripsi), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana yang tertuang dalam surat Nomor 302/E.E2/KR/2020, menegaskan bahwa: ?Penelitian tugas akhir selama masa darurat ini agar diatur baik motode maupun jadwalnya disesuaikan dengan status dan kondisi setempat?. Ini berarti dapat dipahami bahwa tugas akhir skripsi bagi mahasiswa tetap ada.

Para pimpinan Perguruan Tinggi menilai bahwa tugas akhir berupa skripsi masih tetap relevan dan kontekstual dilaksanakan. Hanya perlu diatur metode dan jadwalnya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.  Ada juga yang kemudian mengganti skripsi dengan membuat artikel ilmiah yang bobotnya disetarakan dengan skripsi.

Mulai saat ini jangan terlalu khawatir yang berlebihan. Masih ada cara lain agar penyusunan skripsi tetap dilaksanakan  pada saat pandemi corona seperti sekarang ini, yakni :

1.Pengajuan proposal dan penunjukan pembimbing oleh pimpinan fakutas secara online.

2.Pemilihan metode dari kualitatif ke kuantitatif dengan menggunankan digital library, e-book dan e-journal untuk referensi bagi disiplin ilmu tertentu.

3.Bimbingan skripsi secara online

4.Ujian skripsi secara online

Seperti kamu ketahui, bimbingan dan ujian skripsi online sudah banyak dilakukan oleh beberapa mahasiswa dan perguruan tinggi. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga dosen.

Jadi, skripsi saat musim pandemi covid-19, tetap lanjut, ya.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.