Berita Nasional Terpercaya

Menko PMK Sampaikan Kabar Baik Soal Produksi PCR Dalam Negeri

0

BERNAS.ID – PT Bio Farma (Persero) sudah siap memproduksi alat polymerase chain reaction (PCR) yang digunakan untuk mendeteksi virus Corona. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. 

Menurutnya, PCR buatan Indonesia dapat diproduksi 50 ribu per minggu sehingga kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi dengan lebih mudah. 

“Saya berkunjung ke Bio Farma, di sana sudah bisa memproduksi 50 ribu per minggu dan kalau itu bisa dilipatgandakan produksinya sampai bisa dengan 2 juta per bulan, itu bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri,” ungkap Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2020) kemarin.

Diakui Muhadjir, pihaknya telah menyampaikan kabar baik tersebut kepada Presiden Joko Widodo dan beliau mendukung produksi PCR dalam negeri itu. Meski sudah dilaporkan Menko PMK, nantinya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang akan menindaklanjuti agar PCR tersebut bisa diproduksi di dalam negeri.

“Sehingga kita tidak terlalu tergantung dengan impor. Apalagi kalau terlalu banyak jenis PCR kit, itu sering tidak kompatibel dengan reagen ekstraksinya,” imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

Pemerintah akan menyediakan ruang produksi untuk PCR, yakni gedung laboratorium flu burung yang akan disulap jadi tempat produksi PCR. Para menteri pun terus berkoordinasi untuk mewujudkan ruang produksi serta proses produksi alat pendeteksi Covid-19 ini. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.